oleh

Ini Dia Eksotisme Wisata Alam Curug Gongseng di Kuningan

KUNINGAN (CT) – Keindahan alam air terjun yang akrab disebut Curug Gongseng ini memberikan pesona alam yang kuat bagi siapapun. Terutama kepada sejumlah pengunjung yang senggaja datang menghabiskan waktu di salah satu objek wisata yang terletak di Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Teramati di lokasi, udara sejuk dan hempasan air terjun memberi kenyamanan tersendiri bagi pengunjung yang haus terhadap suasana alam. Panorama alam yang hijau dan tekstur bebatuan yang artistik menjadi suguhan yang berbeda yang tak bisa didapatka ditempat lain.

“Lihat saja bebatuan yang ada di sela-sela tumpahan air terjun curug itu, indah sekali,” kata Rohman salah seorang pengunjung warga luar daerah kuningan pada Selasa (22/02).

Dia mengaku datang ke Curug Gongseng ini bukan merupakan kali pertama. Setiap kali ia punya kesempatan melakukan perjalanan ke Kuningan, pasti menyempatkan diri untuk datang ke Curug tersebut.

Selain panoramanya yang indah, akses jalan menuju ke Curug Gongseng ini pun sangat mudah.
Kalau dari daerah cirebon, itu bisa dari dua arah. Seperti dari jalur keluar masuk Cirebon-Kuningan atau kawasan objek wisata Plangon, atau bisa masuk dari wilayah Kecamatan Dukuh Puntang.

“Kalau dari daerah Sumber saya ambil jalur Plangon-Mandirancan. Tapi kalau dari daerah Dukuh Puntang, biasanya saya masuk jaur alternatif Kuningan-Jakarta, atau arah lewat jalur Polsek Pasawahan,” katanya.

Di tempat terpisah, salah seorang pemuda setempat, Toni, mengatakan bahwa dengan adanya Curug Gongseng yang kian ramai menjadi didatangi wisatawan ini, tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi curug yang berada di Desa ini sangat jauh dari pusat keramaian kota atau kantor pemerintah daerah (pemda).

“Kalau boleh berharap, kami minta ada angkutan umum yang bisa masuk dan melintasi jalur di wilayah Kuningan perbatasan Cirebon ini. Sebab, trayek angkutan umum hanya itu bertrayek dari pasar Cilimus ke wilayah pasar Mandirancan saja,” kata Toni.

BACA JUGA:   Satpol PP Ungkap Alasan Yustisi Rutin PKL di Ruas Jalan KTL

Toni menambahkan, jika akses angkutan umum ke Curug Gongseng ada, jelas akan berdampak pada semakin banyaknya wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

“Manfaatnya jelas akan dirasakan oleh masyarakat yang secara mandiri mengelola tempat tersebut. Jadi nanti, jika ada kendaraan umum itu bisa melintasi daerah Curug Gongseng, Bumi Perkemahan Paniis, dan kebun raya Kuningan, serta banyak tempat atau fasilitas wisata lainnya,” harap Toni, salah seorang warga yang memiliki inisiatif untuk melakukan pengembangan lokasi objek wisata di wilayah perbatasan tersebut. (Ipay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed