oleh

Hero Fasilitasi Pelatihan Digital Marketing untuk Ratusan UMKM

Citrust.id – Ratusan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Cirebon dan Indramayu mengikuti pelatihan digital marketing.

Pelatihan digital marketing tersebut difasilitasi oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Dr Ir HE Herman Khaeron MSi, Sabtu (21/5/2022) pagi, di salah satu hotel di Jalan Wahidin Kota Cirebon.

“Pelatihan digital marketing ini menjadi sebuah keniscayaan, bahwa terjadi perubahan paradigma dari sistem pemasaran konvensional menjadi pemasaran teknologi informasi,” ujar Politisi Demokrat itu.

Pria yang akrab disapa Hero itu juga mengatakan, jangan sampai perusahaan Menengah ke atas saja yang menguasai digitalisasi marketing. Sedangkan UMKM tidak tersentuh.

“Kasihan jika UMKM jumlahnya semakin besar, tapi pemasarannya semakin kecil. Ini akan berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan mereka,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kata Hero, UMKM harus memanfaatkan platform digital marketing media sosial melalui pembekalan pengetahuan, misalnya Facebook dan Instagram.

“Jangan berfikir terlalu jauh membangun platform atau online shop sendiri. Gunakan dulu yang ada untuk ekspansi produk yang dia produksi akan lebih kuat dan lebih luas,” tegasnya.

Pihaknya juga menawarkan, apabila komunitas kelompok pelaku UMKM ini memiliki daya dongkrak, tidak menutup kemungkinan bisa membuat platform sendiri. Misalnya, toko UMKM dan promosi di media sosial.

“Kita bangun komunitasnya dulu, kemudian infrastrukturnya kita perkuat. Selain kualitas produk dan kemasan, kita juga bisa bantu apabila butuh sarana laptop/komputer dan wifinya,” tuturnya.

Hero mengaku, kelompok UMKM yang mengikuti pelatihan ini merupakan binaan Yayasan Mitra Sehati. Jumlah anggota mencapai 500 UMKM yang tersebar di Cirebon dan Indramayu.

“Targetnya se-Jawa Barat dengan jumlah 5.000 UMKM. Tapi kita ukur dulu tingkat kemampuan, melalui pendekatan disiplin manajemen yang harus profesional,” katanya. (Aming)

Komentar