oleh

Hari Jadi Cirebon, Momentum Bangkit dari Keterpurukan

Citrust.id – DPRD Kota Cirebon menggelar sidang paripurna istimewa dalam memperingati Hari Jadi ke-652 Cirebon di ruang Griya Sawala, Selasa (10/8/2021). Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum SE turut hadir melalui virtual.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd menyampaikan, peringatan Hari Jadi ke-652 Cirebon menjadi momentum untuk refleksi diri. Hari Jadi Cirebon yang diperingati saat tahun baru Islam harus menjadi momen bagi masyarakat Kota Cirebon untuk bangkit dari keterpurukan, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 berangsur menghilang. Semoga Kota Cirebon semakin bisa menyejahterakan masyarakat, gemah ripah loh jinawi,” kata Affiati usai sidang paripurna istimewa.

Ia mengajak masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan (prokes). Menurutnya, peran aktif masyarakat merupakan bagian vital dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH mengatakan, momentum Hari Jadi harus menjadi pelecut agar semua komponen masyarakat saling gotong royong dalam melawan pandemi Covid-19.

Azis menceritakan tentang perjuangan pahlawan dalam menyusun Perang Kedongdong. Ia berharap semangat peristiwa Perang Kedongdong itu bisa menjadi inspirasi masyarakat Cirebon dalan melawan pandemi Covid-19.

“Kita ingat pejuang-pejuang kita melawan kolonial dalam Perang Kedongdong. Mari kita sama-sama bersatupadu mewujudkan yang lebih baik, dan mampu mengendalikan serta melawan pandemi Covid-19,” kata Azis.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum SE mengaku bangga bisa mengikuti sidang paripurna istimewa dalam peringatan Hari Jadi ke-652 Cirebon, meski melalui virtual. Dalam sambutannya, Uu menyampaikan tentang visi Jabar Juara. Ia menilai pentingnya kolaborasi antarkomponen.

“Kolaborasi adalah kebersamaan dengan berbagai komponen, akademisi, pelaku usaha, dan lainnya, termasuk tingkatan pemerintah. Kemudian, digitalisasi juga harus dilibatkan dalam rangka mengelola pemerintahan dan menyejahterakan masyarakat,” kata Uu.

Uu memuji keberhasilan Kota Cirebon dalam menyabet berbagai penghargaan. Ia berharap Kota Cirebon terus meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Harapan kami dengan peningkatan dan juga penghargaan keberhasilan yang sangat luar biasa ini, semoga Kota Cirebon tetap istikamah,” katanya. (Aming/rls)

Komentar

News Feed