oleh

Hari Hutan Sedunia: Ini Fakta Mengapa Hutan Sangat Penting

Ilustrasi

CIREBON (CT) – PBB mendeklarasikan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Sedunia atau International Day of Forest. Sejak dideklarasikan pada tahun  2012, Setiap tahun pada Hari Hutan Sedunia, kita merayakan dan berterima kasih pada hutan atas berbagai peran hutan dan pohon dalam melindungi kita.

Tahun ini, Hari Hutan Sedunia mengusung tema “Hutan dan Air” untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran hutan dalam membantu menyediakan air bagi kehidupan di Bumi. Untuk itu, ada banyak fakta yang harus diketahui bahwa keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan.

  1. Pabrik Oksigen
    Pohon-pohon yang ada di hutan memproduksi oksigen yang kita perlukan untuk bernafas dan menyerap karbondioksida yang kita keluarkan. Satu pohon dewasa dapan memproduksi oksigen yang cukup untuk bernafas 10 orang selama setahun.
  2. Rumah bagi Biodiversitas
    Hampir setengah dari semua spesies yang dikenal hidup di hutan, termasuk 80 persen dari keanekaragaman hayati di darat. Hutan hujan tropis terutama menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai burung langka dan orangutan yang terancam punah.
  3. Menjaga Bumi tetap sejuk
    Pohon juga memiliki cara lain untuk mengalahkan panas: menyerap CO2 yang merupakan bahan bakar pemanasan global. Tanaman selalu membutuhkan CO2 untuk fotosintesis. Untuk memerangi pemanasan global, yang perlu dilakukan tanaman hanya berfotosintesis.
  4. Mencegah banjir dan erosi
    Akar-akar pohon berperan penting saat hujan deras, terutama bagi daerah dataran rendah seperti sepadan sungai. Mereka membantu menyerap air hujan dan menahan agar tanah tidak hanyut karena erosi dengan memperlambat aliran air.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan
    Menurut data PBB, lebih dari 1,6 miliar orang di dunia bergantung pada hutan untuk mata pencaharian mereka. Sekitar 10 juta orang secara langsung dipekerjakan dalam pengelolaan dan konservasi hutan. Hutan juga berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan melalui produksi kayu dan produk non kayu. (Net/CT)

Komentar

News Feed