oleh

Hadiri Haul Pangeran Sutajaya, Patih Keraton Kanoman Sapa Warga Kecamatan Gebang

Cirebontrust.com – Pangeran Patih Mohamad Qodiran dari Keraton Kanoman menyapa masyarakat Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon dengan menaiki kereta Paksi Nagaliman, yang dikawal puluhan prajuritnya dalam rangka acara Haul Leluhur Pagebangan, Pangeran Sutajaya atau Pangeran Anom, Kamis (29/12).

Terlihat Pangeran Patih dengan menaiki Kereta Paksi Nagaliman, yang diiringi ratusan masyarakat setempat keliling mengitari wilayah Kecamatan Gebang, menuju makam Pangeran Sutajaya yang berada di makam Blok Krapyak Desa Gebangkulon.

Sesampainya di makam tersebut, selanjutnya Pangeran Patih dan rombongan kembali ke Keraton Pagebangan untuk mengikuti kegiatan tausiah keagamaan.

“Tanggal pelaksanaan sekarang merupakan tanggal penetapan pelaksanaan Haul leluhur Keraton Pagebangan, yang dilaksanakan pada tahun-tahun selanjutnya. Dan tahun ini adalah Haul yang kedua, setelah puluhan tahun sempat terhenti,” terang Ketua Panitia Haul, Elang Lyusi Syaefullah.

Dijelaskannya, ada perbedaan antara pelaksanaan haul tahun lalu dan tahun ini, dimana pada tahun ini kegiatan haul bukan saja pelaksanaan ziarah ke makam Pangeran Sutajaya, tetapi juga ada pelaksanaan kirab atau keliling menyapa warga oleh Pangeran Patih Mohamad Qodiran dengan menaiki kereta Paksi Nagaliman. Acara kirab menjadi lebih khidmat karena Pangeran Patih menghendaki tidak ada bunyi-bunyian apapun saat kirab berlangsung.

“Tahun lalu pelaksanaan Haul memang hanya menggelar pelaksanaan tawasul saja, tahun ini kita ada penambahan rentetan kegiatan, kegiatan haul ini diharapkan akan menjadi kegiatan tradisi masyarakat Gebang secara umum yang akan terus dilakukan dari tahun ke tahun,” jelasnya. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   RAPBD 2020 Disetujui, Begini Instruksi Walikota Cirebon kepada SKPD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed