oleh

Hadapi Tantangan Global, Indonesia Perkuat Kerjasama ASEAN+3

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Menghadapi tantangan perekonomian global, Bank Indonesia dan pemerintah berkomitmen memperkuat kerja sama dengan negara-negara ASEAN, Jepang, Korea, dan Tiongkok (ASEAN+3). Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Agus Dermawan Martowardojo, yang hadir bersama dengan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro, pada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara ASEAN+3 di Frankfurt, Jerman, pada hari Selasa, 3 Mei 2016.

Gubernur BI mengatakan ada tiga langkah penguatan yang disepakati dalam pertemuan tersebut, yaitu komitmen bersama untuk memperkuat penyediaan fasilitas likuiditas jangka pendek sebagai jaring pengaman keuangan di wilayah regional dalam kerangka Chiang Mai Initiative Multilateralization (CMIM), memperkuat unit surveilans regional yaitu ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO), dan pengembangan pasar obligasi berdenominasi mata uang lokal kawasan dalam kerangka Asian Bond Markets Initiative (ABMI).

Bagi Indonesia, kerja sama ASEAN+3 sangat penting, terutama dalam tiga hal. Pertama, penyediaan fasilitas likuiditas jangka pendek untuk mengantisipasi dan mengatasi krisis keuangan. Kedua, membantu menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan Indonesia melalui pelaksanaan asesmen terhadap perekonomian Indonesia secara reguler oleh AMRO.

Ketiga, mendukung upaya pendalaman pasar keuangan dalam menjaga stabilitas keuangan baik dalam negeri maupun kawasan. Menghadapi perekonomian global yang masih tidak berimbang serta ketidakpastian dan risiko ke depan, ASEAN+3 diharapkan dapat menjadi mesin pertumbuhan.

Berbagai kebijakan diambil untuk mengantisipasi pelemahan pertumbuhan ekonomi global, termasuk implementasi bauran kebijakan yang dinilai efektif dalam menjaga stabilitas keuangan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi domestik. (Net/CT)

BACA JUGA:   PAM Tirta Giri Nata Ingin Penyesuaian Tarif, Begini Tanggapan DPRD Kota Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed