oleh

Barangkali Ini Penyebabnya Online Shop Anda Sulit Maju

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya secara online. Media yang digunakan juga beragam, dari membuat website sendiri, menggunakan perantara situs online marketplace, atau menggunakan media sosial.  Jika kamu adalah pelaku usaha online dan merasa omset penjualan kamu sulit untuk naik, maka bisa jadi penyebabnya ada di antara salah satu dari lima berikut:

1. Tidak ingin keluar modal
Banyak orang beralih menjalani bisnis online karena modalnya yang jauh lebih ringan dibandingkan bisnis konvensional (membuka toko, menggunakan gerobak, dan sebagainya). Hal itu ada benarnya, namun kamu perlu ingat bahwa bisnis online sekalipun tetap saja tidak bisa berjalan maju jika kamu tidak berani menggelontorkan modal.

2. Bisnis kamu tidak jelas arahnya
Bisnis online tetaplah bisnis. Sesederhana apapun bentuk bisnis online kamu, rencana bisnis tetap perlu dibuat meski tentu tidak perlu sedetil dan seformal business plan perusahaan. Intinya, kamu perlu punya visi ke depan akan jadi apa bisnis online milikmu.

3. Tidak berani mengambil risiko
Salah satu penyebab suatu bisnis sulit melangkah maju adalah terlalu konservatif, atau sama sekali tidak berani mengambil risiko. Sebagai seorang pemilik usaha, risiko kegagalan bukanlah nol dan kamu justru bisa belajar dari pengalaman jika memang menemui kegagalan.

4. Harga barang yang kamu jual tidak sebanding dengan kualitas
Terkadang, penyebab paling sepele justru berasal dari produk milikmu sendiri. Apakah kamu sudah melakukan riset kecil-kecilan mengenai harga pasaran produk sejenis di kompetitor?

5. Kurang jeli memanfaatkan peluang media sosial
Media sosial merupakan kunci utama untuk membuat bisnis milikmu menjadi ‘viral’ atau mudah dikenali oleh banyak orang. Saat ini, ada banyak sekali media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak target bisnis kamu. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed