oleh

Hadapi Era Digital, Koperasi Harus Ubah Strategi Bisnis

Citrust.id – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Cirebon menggelar syukuran Hari Koperasi ke-72. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Sekretariat Dekopinda, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Pada perayaan ulang tahun kali ini, koperasi mengangkat tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0. Tema itu menjadi tantangan koperasi Indonesia yang harus siap dan memiliki tekad mengubah cara bisnis dengan memanfaatkan digital.

“Harus ada reformasi total koperasi dari program yang selama ini sudah dijalankan. Beradaptasi untuk meningkatkan kreativitas dan strategi bisnis,” ucap Ketua Dekopinda Kota Cirebon, Yodi Widiantoro saat memberikan sambutan, Rabu (14/08) siang.

Ia menegaskan, koperasi harus memanfaatkan keberadaan e-comerce. Koperasi juga harus merangkul generasi milenial karena jumlah penduduk mayoritas generasi produktif.

“Rangkul generasi milenial dan menyiapkan ide kreativitas tinggi. Salah satu strategi bisnis pada era digital adalah dengan memanfaatkan e-comerce,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Cirebon, drh. Maharani Dewi, dalam sambutan tertulisnya, yang disampaikan Sekretaris DPKUKM, Yayat Sudarjat, mengatakan, saat ini jumlah koperasi di Kota Cirebon mencapai 382 unit koperasi. Dari jumlah total tersebut, ada 241 koperasi aktif. Sedangkan selebihnya sebanyak 140 unit koperasi tidak aktif lantaran tidak menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“DPKUKM saat ini terus melakukan pembinaan, terutama kepada koperasi yang aktif dan selalu menyelenggarakan Rapat Anggaran Tahunan,” kata Maharani.

DPKUKM juga sudah melakukan perkembangan koperasi berbasis RW sejak lima tahun terakhir. Tercatat, pada tahun 2014 ada 21 prakoperasi, tahun 2015 ada 31 prakoperasi, tahun 2017 ada 15 prakoperasi, dan tahun 2018 ada di 9 RW. Tahun ini, DPKUKM menargetkan bisa menjangkau hingga 11 RW.

“Dengan perkembangan tersebut, DPKUKM juga sudah menjalankan program-program, seperti koperasi berbasis internet hingga kerja sama antarjejaring koperasi,” ucap Yayat saat membacakan sambutan tertulis Kepala DPKUKM. (*)

Komentar

News Feed