oleh

Google Doodle Rayakan HUT Sigmund Freud ke-160

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Merayakan ulang tahun Sigmund Freud ke 160, Hari ini Jumat 6 Mei 2016, Google Doodle mengubah tulisan pada bagian depan mesin pencarinya dengan gambar ilustrasi yang menarik. Bicara Sigmund Freud berarti ada hubungannya dengan psikologi dan kepribadian seseorang. Pasalnya Freud dikenal sebagai seorang ilmuwan yang terkenal pakar dibidang kejiwaan.

Lahir di sebuah kota kecil bernama Freiberg, Austria (sekarang bagian dari Ceko), 6 Mei 1856, Freud adalah pendiri aliran psikoanalisis yang menyatakan kehidupan jiwa seseorang memiliki tiga tingkatan kesadaran penting yaitu sadar (conscious), pra-sadar (preconscious), dan tidak sadar (unconscious).

Sigmund Freud diketahui tumbuh dari keluarga yang harus berjuang keras dalam masalah ekonomi. Mereka pernah hidup disebuah apartemen sempit di bawah tekanan seorang ayah yang keras dan otoriter.

Walaupun demikian Freud tetap mendapatkan pendidikan yang baik sehingga berhasil menyelesaikan pendidikan disekolah menengah. Freud melajutkan studinya dibidang kedokteran dan lulus pada tahun 1881.

Sigmund Freud mulai mengenal dunia saraf ketika dia mulai mencoba metode hipnosis dari dua ahli saraf ternama yakni Dr. Joseph Breuer dan Jean Martin Charcot dalam kasus histeria.

Salah satu konsep teori Sigmund Freud yang paling terkenal adalah bahwa sebagian besar perilaku manusia dikendalikan oleh alam bawah sadar atau incontient.

Fakta lain tentang Sigmund Freud adalah pria ini percaya bahwa perilaku manusia sangat dipengaruhi hasrat seksualnya. Pengalaman seksual pertama manusia dirasakan saat bayi, tepatnya ketika disusui oleh ibu. Pengalaman itu berkembang hingga memunculkan perilaku-perilaku lain yang disesuaikan dengan norma masyarakat.

Sebagai seorang ilmuwan dan ahli kejiwaan terkemuka, Sigmund Freud tidak pernah berhenti melakukan uji klinis termasuk melakukannya pada dirinya sendiri.

BACA JUGA:   Warga Gelar Guar Bumi di Patilasan Nyi Rambut Kasih

Freud terus mengembangkan berbagai teknik pengobatan khususnya pada masalah gangguan kejiwaan seseorang. Maka lahirnya karya perdananya yang diberinama Die Traumdeutung atau The Interpretation of Dreams pada tahun 1899. Sigmund Freud meninggal dunia pada 23 September 1939, di Hampstead, Britania Raya, Inggris, dalam usia 83 tahun. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed