oleh

Gerakan untuk Menjaga Aliran Darah Tetap Lancar saat Mengemudi

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Saat menyetir, hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan adalah berhenti sejenak dan meregangkan otot-otot setiap dua sampai tiga jam untuk meredakan ketegangan dan menjaga peredaran darah tetap lancar. Berhentilah di tempat istirahat yang telah disediakan di tepi jalan dan lakukan gerakan kecil di bawah ini agar sirkulasi darah Anda tetap lancar.

 Supaya mengemudi tetap nyaman:

1. Posisikan kursi mengemudi dekat dengan kemudi untuk meminimalkan upaya kaki meregang terlalu jauh untuk menginjak pedal gas atau rem.

2. Jika Anda bepergian untuk jangka waktu yang lama, pastikan Anda membuat sedikit penyesuaian dalam posisi duduk Anda. Tulang belakang berada dalam satu posisi untuk jangka waktu yang panjang, dapat menyebabkan rasa sakit.

3. Jangan lupa untuk menyesuaikan postur tubuh Anda dari waktu ke waktu. Carilah posisi mengemudi yang paling nyaman untuk memungkinkan Anda menggeliat di kursi demi meringankan kelelahan postural.

4. Anda dapat memilih berbagai aksesoris kursi mobil untuk meningkatkan kenyamanan. Misalnya, pelapis sandaran dengan tekstur bergelombang yang berfungsi untuk meredakan ketegangan otot atau pelapis seat belt yang terbuat dari busa empuk, serta bantal kecil penyangga pinggang belakang.

 Gerakan untuk melancarkan sirkulasi darah dan meredakan otot yang tegang:

1. Kencangkan otot perut Anda dengan menarik pusar ke arah tulang belakang tanpa menahan napas. Tahan selama dua detik, lepaskan dan ulangi 16 kali.

2. Tempatkan bantal atau handuk antara lutut dan buat gerakan seperti meremas. Tahan selama dua detik, kemudian lepaskan. Ulangi 15 kali.

3. Pegang bantal dengan dua tangan setinggi dada dan remas-remas selama dua detik, rilis dan ulangi 15 kali.

BACA JUGA:   Desan Krandon Kawasan Terbaik Kesatuan Gerak PKK

4. Tempatkan telapak tangan di langit-langit mobil, selebar bahu. Tekan ke arah atap selama dua detik, kemudian lepaskan. Ulangi selama 16 kali. (Net/CT)

Komentar

News Feed