oleh

Gawarebon Rawat Pesisir Cirebon Melalui Nanem Mangrove Bersama Anak

Cirebontrust.com – Sebanyak lima ribu tanaman Mangrove disebar di pesisir Cirebon Timur oleh Keluarga Mahasiswa Cirebon Universitas Padjadjaran (Gawarebon Unpad) yang tergabung dalam kegiatan NAMBA (Nanem Mangrove Bersama Anak).

Kegiatan itu menurut Ketua Paguyuban Gawarebon, Ega Apriliana, merupakan wujud memperingati hari anak nasional yang jatuh pada 23 Juli sekaligus menyambut hari mangrove internasional tanggal 27 Juli.

“Karena ada dua hari penting, maka tercetuslah NAMBA itu yang dihadiri Fonkaci yaitu Forum Anak Kota/Kabupaten Cirebon untuk mengedukasi anak-anak agar lebih peduli terhadap lingkungan khusunya laut,” kata Ega, Jumat (28/7).

Selain Fonkaci, Komunitas Sanggar Lingkungan Hidup (SLH) Cirebon juga turut andil dalam giat tersebut. Sementara menurut Ilham Kholis selaku ketua pelaksana mengharapkan kegiatan tersebut dapat berguna mencegah terjadinya abrasi.

“Di pesisir pantai Cirebon Timur khususnya di Desa Bendungan Kecamatan Pangenan Kab. Cirebon seringkali banjir ketika hujan turun,”

Memang tidak mudah, kata Ilham, dalam merawat mangrove dan butuh waktu tidak sebentar. “Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi. Karena hari ini kita lakukan akan berguna di masa yang akan datang,” harapnya. (Uyung)

BACA JUGA:   Pemkab Majalengka Gelontorkan Rp41 Miliar untuk Akses Wisata

Komentar

News Feed