oleh

Film Indonesia Sukses di Luar Negeri, Kemendikbud Serius Persiapkan Sineas Masa Depan?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mempersiapkan sineas masa depan dengan melakukan pembinaan terhadap sineas muda dari sejumlah daerah. Hal tersebut dilatarbelakangi karena film-film karya anak negeri mengalami kebangkitan.

Prestasi terbaru yakni film Prendjak garapan sutradara Wregas Bhanuteja mendapat penghargaan film pendek terbaik di La Semaine de la Critique Festival de Cannes, Prancis, baru-baru ini. Begitu juga dengan Ada Apa Dengan Cinta 2 yang berhasil menembus dua juta penonton dan menduduki box office.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Maman Wijaya, mengatakan bahwa Pelatihan yang diberikan yakni penulisan skenario sinematografi dan penyutradaraan. Kemdikbud menyelenggarakan pelatihan bagi 100 sineas muda dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Tanah Air. Mereka mengikuti lokakarya film tingkat dasar yang diselenggarakan di Bogor, 24 Mei hingga 31 Mei 2016.

Lokakarya tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para sineas muda. Sineas muda yang dipilih berasal dari sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan fasilitas studio perfilman. Ada 38 sekolah yang mendapatkan bantuan tersebut pada tahun lalu.

Sejumlah profesional di bidang perfilman menjadi pengajar dalam lokakarya tersebut. Di antaranya Dimas Cendekiawan, Baskoro Adi, Totot Indarto, Aria Kusumadewa. (Net/CT)

BACA JUGA:   Bak Model, Pimpinan CSB Mall Unjuk Kebolehan Peragakan Busana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed