oleh

Festival Makanan Khas Cirebon Menu Utama Nasi Lengko

CIREBON (CT)- Nasi Lengko merupakan makanan khas Cirebon dan makanan ini, terkenal dengan khas penyajiannya yang berkolaborasi dengan toge, mentimun, potongan temped an tahu, yang di bubuhi sambal kacang itu, menambah makan anda makin berselera.

Makanan khas ini menjadi menu utama dalam acara festival kuliner khas Cirebon, yang digelar oleh Pemerintahan Kota Cirebon, yang bertempat di depan Balai Kota Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Sabtu (21/11).

Acara festival ini juga merupakan acara khusus untuk mensosialisasikan makanan tradisional khas  Cirebon, yang masih bertahan sejak puluhan tahun lalu.

Acara festival ini dimeriahkan oleh kalangan Ibu ibu dari berbagai kelurahan, para guru SMAN se-Kota Cirebon, Satpol PP, Polres Cirebon Kota dan Ibu ibu dari kelompok Bhayangkari.

Sementara  sejumlah bahan dan proses pembuatan makanan khas Cirebon, Nasi Lengko ini adalah sebagai berikut :

-Nasi
-1 buah mentimun, kupas, potong dadu
-50 gram taoge tanpa akar, rebus
-150 gram tempe, potong 1 x 1 x 4 cm
-200 gram tahu, potong dadu
-3 siung bawang putih
-1 sdt garam
-4 tangkai kucai, iris
-Bawang goreng
-Kecap manis
-Minyak goreng secukupnya

Sedangkan untuk  sambal kacang, dibutuhkan sebagai berikut :

75 gram kacang tanah, goreng
5 buah cabai rawit
2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 lembar daun jeruk
1 sdt gula merah
¼ sdt garam
150 cc santan, rebus

Untuk proses pembuatan nasi Lengko ini yaitu :

Haluskan semua bahan bumbu kacang, taruh dalam wadah cekung, tambahkan santan dan aduk rata. Sisihkan. Haluskan bawang putih dan garam, tambahkan air secukupnya, aduk rata. Lumuri tahu dan tempe, diamkan hingga 5 menit.

Panaskan minyak, goreng tahu dan tempe hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan nasi bersama tahu dan tempe goreng, mentimun dan taoge, tuangi kecap, taburi dengan irisan kucai dan bawang goreng serta lengkapi penyajiannya dengan siraman bumbu kacang dan kerupuk.

BACA JUGA:   Salat Id di Majalengka Dijaga Ketat Aparat Keamanan

Cukup mudah bukan untuk membuat makanan khas kota udang ini ? Dengan bahan bahan yang murah meriah dan mudah dicari anda langsung bisa mencoba kuliner tradisional kota cirebon. (CT-104)

Komentar

News Feed