oleh

Demi Satukan Peninggalan Kuno, Indramayu Butuh Museum

INDRAMAYU (CT) – Sejarah dan peninggalan kuno dapat menjadikan identitas suatu daerah, terlebih jika sejarah dan peninggalan tersebut sudah tidak diperhatikan, bisa jadi identitas daerah tersebut lambat laun akan pudar. Indramayu adalah kota yang kaya akan sejarah dan peninggalannya, namun sangat disayangkan sejarah dan peninggalan tersebut tidak diberi perhatian lebih, Jum’at (19/12).

Beberapa peninggalan kuno diantaranya sejumlah naskah kuno, benda pusaka, arsip, mata uang kuno, dan beberapa tempat bersejarah. Dahulu sebelum adanya seniman dan sejarawan peninggalan-peninggalan tersebut masih tercecer di beberapa desa se-Kabupaten Indramayu.

S. Indrajaya Nang Sadewo Penggerak Seniman Indramayu mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya mengumpulkan peninggalan-peninggalan kuno tersebut sejak tahun 2005. Sebelumnya peninggalan-peninggalan tersebut masih tercecer di desa-desa se-Kabupaten Indramayu.

“Indramayu harus mempunyai museum sendiri, karena peninggalan-peninggalan kuno tersebut harus disatukan, sekarang peninggalan-peninggalan kuno tersebut ada dibeberapa orang yang secara suka rela merawat dan menjaganya, diantaranya naskah kuno terdapat di rumah Tarka, benda pusaka terdapat di rumah Supri, Uang kuno ada di rumah Dartim, peninggalan pertanian dan maritim di anak-anak Tugu dan arsip ada di rumah saya,” kata dia. (CT-112)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed