Citrust.id – PT KAI Daop 3 Cirebon memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk para penumpang yang sedang menunggu kedatangan kereta api. Jenis pelayanan yang diberikan antara lain, pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kadar gula darah dan pemeriksaan berat badan.
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, menuturkan, program pemeriksaan kesehatan gratis akan dilaksanakan secara reguler selama masa Nataru dan bergantian di Stasiun Cirebon maupun Cirebon Prujakan.
Selain itu, untuk menjamin kondisi kesehatan para penumpang, baik yang ada di lingkungan stasiun maupun saat dalam perjalanan di atas KA, PT KAI juga menyiagakan petugas kesehatan di beberapa titik pos kesehatan (Poskes) yang ada di stasiun.
“Apabila mengetahui penumpang yang sakit saat di perjalanan, petugas kesehatan kami akan memantau selama dalam perjalanan KA dengan sistem estafet dari stasiun ke stasiun yang terdapat Poskes,” ujarnya.
Selama angkutan Nataru, lanjut Luqman, Daop 3 Cirebon juga menyiagaka empat pos kesehatan, antara lain di Stasiun Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan dan Brebes. Selain itu, PT KAI memiliki tiga Klinik Mediska di Jatibarang, Cirebon dan Brebes yang bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta.
“Selama masa angkutan Nataru, unit kesehatan KAI mencatat sebanyak 29 penumpang sakit mendapatkan pertolongan kesehatan dari petugas kesehatan KAI. Berdasarkan laporan petugas, penumpang yang sakit karena tersiram air panas saat akan menyeduh mie,teh atau kopi, ISPA, hipertensi, dan diabetes,” terangnya.
Luqman mengimbau kepada penguna jasa KA untuk memastikan kembali kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Apabila kondisi kesehatan dirasa tidak cukup sehat, para penumpang dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes Stasiun.
PT KAI juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa kursi roda untuk penumpang sakit, lansia maupun difabel. Ibu menyusui pun memanfaatkan ruang laktasi yang ada di Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang dan Brebes.
“Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dan mewujudkan kenyamanan, keamanan serta keselamatan untuk para pengguna jasa transportasi kereta api,” tegas Luqman. (Haris)