oleh

Tingkatkan Literasi, Pemkab Majalengka Bangun Perpustakaan Senilai Rp10 Miliar

Citrust.id – Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Perpustakaan Nasional RI meresmikan gedung perpustakaan daerah, Jalan Raya Jatiwangi-Majalengka, Cigasong, Selasa (4/1).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka, Iwan Dirwan, mengatakan, perpustakan itu untuk menggaungkan gerakan literasi dan menumbuhkan minat baca masyarakat.

Saat ini, di Kabupaten Majalengka ada 1.753 perpustakaan. Terdiri dari perpustakaan desa, perpustakaan sekolah, perpustakaan masyarakat dan lainnya, Sedangkan koleksi bahan bacaan yang ada di perpustakaan daerah berjumlah 40.313 eksemplar dan 2.500 eksemplar buku elektronik.

“Program literasi di Majalengka ke depan dilakukan secara komprehensif dan integratif. Untuk itu, diperlukan kolaborasi dan kemitraan seluruh stakeholder dan masyarakat. Mudah-mudahan, langkah awal ini akan menjadi pemicu geliat literasi menuju Kabupaten Literasi untuk KeRaharjaan,” ucap Iwan.

Sementara itu Bupati Majalengka, Karna Sobahi, menyampaikan, Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka itu dibangun dengan biaya senilai 10 Miliar. Anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional RI.

Gedung itu akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Majalengka. Di sana jendela dunia akan terbuka, berbagai pengetahuan disajikan, serta akan menciptakan learning society bagi masyarakat.

“Kita harus memberdayakan perpustakaan ini sebagai pusat daya baca dan pembelajaran masyarakat, sehingga dapat meningkatkan daya baca masyarakat Majalengka,” tambah Karna. (Abduh)

Komentar