oleh

Cirex 2019 Hadirkan Produk Kerajinan Rotan Kualitas Ekspor

Citrust.id – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) DPD Cirebon Raya mengadakan Cirebon Rattan Expo (Cirex) 2019 di Atrium CSB Mall. Kegiatan itu berlangsung mulai 26 Agustus hingga 8 September 2019.

Cirex 2019 dibuka oleh Ketua Umum HIMKI, Soenoto, didampingi General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan, beserta ketua dan pengurus HIMKI Cirebon Raya. Hadir pula Kadisnaker sekaligus Ketua Panitia HUT ke-650 Cirebon, Agus Sukmanjaya, dan Kadisdagin Kabupaten Cirebon, Deni Agustin.

Pada kesempatan itu, Soenoto mengungkapkan, sebanyak 85 persen bahan baku rotan dunia ada di Indonesia. Saat ini, industri dan perdagangan terus mengikuti standar pasar internasional.

“Untuk itu, industri furniture, khususnya rotan di Cirebon, harus terus ditumbuhkembangkan. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas produk kerajinan rotan,” ujarnya.

Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Supriharto, mengutarakan, Cirex 2019 diadakan untuk memperkenalkan produk unggulan dari kerajinan rotan.

Selama ini, kerajinan rotan sudah diekspor ke berbagai penjuru dunia, seperti Australi, Afrika, Qatar, Eropa, Amerika, dan lain-lain.

Di Cirex 2019, masyarakat bisa membeli produk-produk kerajinan rotan yang biasanya ditujukan untuk pasar luar negeri atau ekspor.

“Di acara ini kami melibatkan 15 UKM kerajinan rotan. Mereka menghadirkan perabotan dan furnitur yang terbuat dari rotan. Produk yang ditawarkan antara lain keranjang, kursi tamu, kursi taman, tas, vas bunga dan lain-lain,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua HIMKI DPD Cirebon Raya, Iyan Rahadian, menuturkan, saat ini, pemerintah tengah menggenjot perekonomian, utamanya di sektor industri kreatif.

Salah satu produk industri kreatif dari Cirebon yang sudah mendunia salah satunya adalah kerajinan rotan. Rotan layak dijadikan produk heritage nasional. Indonesia punya bahan baku rotan terbaik. Rotan merupakan produk kebanggaan Indonesia, khususnya Cirebon.

Sayangnya, lanjut Iyan, pemanfaatan perabotan atau furnitur rotan oleh masyarakat Cirebon masih kalah jumlahnya dibandingkan dengan furnitur nonrotan.

“Untuk itu, melalui Cirex 2019, kami mengajak masyarkat Cirebon untuk memanfaatkan produk kerajinan rotan unggulan yang biasanya dipamerkan di luar negeri,” ungkapnya.

Sekjen HIKMI DPD Cirebon Raya, Eddy Sugiarto, mengatakan, rotan merupakan produk ramah lingkungan. Rotan bisa tumbuh jika ada hutan atau pohon penunjangnya.

“Jika ingin melestarikan hutan, maka gunakanlah produk-produk dari rotan,” ucapnya.

Sebelumnya, General Manager CSB Mall, Gunadi Iksan, mengatakan, dirinya menyambut baik Cirex 2019. Event tersebut sesuai dengan visi CSB Mall yang ingin menghadirkan pameran atau expo produk unggulan lokal.

“Cirebon punya bahan baku furnitur berkualitas, yakni rotan. Produk kerajinan rotan yang dihadirkan di CSB Mall ini biasanya dipamerkan di luar negeri. Untuk itu, di Cirex 2019, masyarakat bisa mendapatkan produk kerajinan rotan berkualitas ekspor,” ujar Gunadi. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed