oleh

Tokoh Pemuda Asal Sumber Siap Maju Jalur Independen

Cirebontrust.com – Jalur perseorangan atau independen mulai diminati sejumlah tokoh masyarakat yang menginginkan turut serta dalam pemilihan bupati 2018 mendatang. Salah satunya, Affan Hidayat, tokoh pemuda asal Sumber merasa optimis maju Pilbup lewat jalur Independen.

Meski banyak tokoh-tokoh politik yang juga merencanakan ikut ajang pilbup tersebut, Affan mengaku tidak gentar.

“Maju melalui jalur independen justru memiliki tantangan tersendiri, sebab harus mengumpulkan KTP dukungan sebagai syarat mutlak maju melalui jalur independen. Saya sudah ke KPU untuk mencari informasi maju independen,” kata Affan saat di kantor KPU.

Affan sendiri diantarkan oleh para pemuda yang mendukungnya. Menurutnya, syarat dukungan dengan minimal 113.111 KTP atau 6,5 persen dari total DPT pada Pilpres 2014 lalu, tidak terlalu berat. Sejauh ini dirinya bersama tim nya sudah mengunjungi beberapa Kecamatan di Kabupaten Cirebon.

“Sudah lima kecamatan saya kunjungi. Sambil terus berjalan, saya akan mendatangi seluruh kecamatan dalam empat bulan ke depan,” ujarnya.

Affan juga mengatakan, pada Pilbup 2013 lalu terdapat golput yang mencapai angka 700 ribu warga. Hal ini menimbulkan keprihatinan tersendiri, sebab menandakan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik sudah mulai menurun.

“Sudah saatnya pemuda jangan hanya jadi penonton saja, harus turut andil,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Marzuki Rais mengatakan, sejak disosialisasikan beberapa waktu lalu, sudah ada beberapa warga Kabupaten Cirebon yang datang bertanya tentang informasi persyaratan pendaftaran melalui jalur independen.

“Lumayan bagus animonya, sudah ada sekitar lima atau enam orang yang bertanya. Tapi kan kami tidak tahu apakah mereka jadi daftar atau tidak,” singkatnya. (Iskandar)

Komentar