oleh

Cirebon Metropolitan, Wilayah Ciayumajakuning Harus Bersinergi

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebagai salah satu kota yang berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon sangat berpotensi menjadi kota yang besar. Sedikit demi sedikit perkembangan kota ini mulai menunjukkan ke arah modernisasi dengan gaya hidup masyarakat kota yang sibuk. Banyak pembangunan infrastruktur untuk memudahkan perkembangan ekonomi yang semakin pesat.

Namun, mengandalkan potensi yang di Cirebon saja tidak cukup. wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning) merupakan kekuatan ekonomi yang baru dan besar di Jawa Barat setelah Bandung Raya. Untuk mengoptimalkan pembangunan di wilayah tersebut, setiap kabupaten dan kota harus menyinergikan potensi daerahnya.

Cirebon sebagai pusat kota pertumbuhan ekonomi yang prestisius menjadi modal dasar untuk mengembangkan se-wilayah tiga Cirebon. Akan terbentuk kota metropolis bintang yang mempunyai pusat kota utama, dan pola keadatan penduduk pada wilayah pusat berbentuk bintang dengan perpanjangan beberapa bagian kota yang linear seperti lengan di alam terbuka. Inti kota utama sebagai pusat kota yang dikelilingi oleh banyak kota kedua yang terletak sepanjang lengan-lengan yang linear tersebut. Lengan-lengan kota metropolitan ini mempunyai kepadatan penduduk yang sedang, lebih tinggi daripada metropolis menyebar tetapi lebih rendah daripada di pusat-pusat.

Pertumbuhan dapat berlangsung ke luar dari lengan-lengan dan perubahan-perubahan dapat dilakukan dengan mudah karena kepadatan penduduk lebih rendah daripada di bagian inti utama serta tersedianya lahan pertanian (alam terbuka) dapat mendukung perkembangan kawasan linear tersebut. (Net/CT)

BACA JUGA:   UGJ Adakan Konferensi Internasional ASSETH 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed