oleh

Cara Membuat Lampion Sendiri di Rumah

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ketika Imlek tiba, Anda membeli lampion atau membuatnya sendiri? Membeli memang lebih praktis. Namun, membuat sendiri di rumah sepertinya lebih menarik. Bukan begitu? Lampion merah yang beredar di pasaran, saat ini semakin terlihat menarik karena digambari atau dihiasi berbagai macam ornamen. Bahan dasar pembuatan lampion pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari kertas, kain, kulit binatang, benang, bordiran-bordiran kain sutra, dan lain sebagainya.

Lampion yang terbuat dari benang itu ternyata cukup mudah dilakukan. Berikut cara membuat lampion dari benang untuk rayakan Imlek:
1. Membuat pola. Untuk membuat pola, Anda bisa menggunakan balon untuk membantu membentuk bundar seperti bola. Tiuplah balon sebesar ukuran lampion yang Anda inginkan. Setelah itu ukur diameter balon sesuai dengan ukuran lampion yang ingin Anda buat.
2. Mencampurkan benang dan lem kayu. Cara kedua yaitu mencampurkan benang dan lem kayu. Lalu, rekatkan kedua campuran tersebut ke balon yang sudah Anda tiup. Lakukan cara ini hingga seluruh permukaan balon tertutup oleh benang.
3. Menjemurnya. Setelah seluruh permukaan balon tertutupi dengan benang dan lem kayu, Anda bisa langsung menjemurnya. Jemurlah di bawah sinar matahari agar lem kayu bisa kering dan kaku. Lamanya balon itu dijemur tergantung besar atau kecilnya ukuran balon tersebut. Untuk lampion yang berukuran kecil hanya membutuhkan waktu sehari saja. Sedangkan untuk lampion yang berukuran besar, Anda harus menjemurnya selama kurang lebih 4 hari.
4. Pecahkan. Jika lampion yang belum jadi itu sudah kering dan kaku, maka Anda bisa memecahkan balon yang ada di dalamnya. Dengan begitu, terbentuklah bulatan benang yang siap dijadikan lampion yang sebenarnya.
5. Masukkan lampu dan kabel. Jika balon yang di dalamnya sudah dipecahkan, maka Anda bisa memasukkan lampu dan kabel untuk menciptakan cahaya pada lampion. Dengan begitu, pancaran sinar dari lampion itu akan menambah semarak suasana Imlek nanti. Untuk membuatnya menjadi lebih unik, Anda juga bisa menambahkan ornamen lain untuk ditempel pada lampion. Selesai. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Terancam Digugat Sengketa Penguasaan Lahan

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed