BPJS Kesehatan Cirebon Pastikan Pasien Kemoterapi Dilayani Optimal

Citrust.id – Guna memastikan seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang membutuhkan perawatan medis lama dan berbiaya tinggi (katastropik) memperoleh layanan optimal, BPJS Kesehatan meninjau langsung layanan kemoterapi di Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon, Selasa (13/9/2022).

PPs. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ridha Mugiar menjelaskan bahwa tren kasus katastropik di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu serta Kabupaten Kuningan selama penyelenggaraan Program JKN terus mengalami peningkatan.

“Khusus pada tahun pada tahun 2019 dan 2020, kasus katastropik sempat mengalami penurunan dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Namun pada tahun 2021, kembali mengalami peningkatan menjadi 403.559 kasus. Jantung, stroke dan kanker menjadi tiga penyumbang terbesar kasus katastropik di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Khusus kasus kanker, terdapat 25.940 kasus yang terjadi selama tahun 2021,” jelas Ridha.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika melihat tren kasus tersebut, maka perlu ada penyesuaian jumlah fasilitas kesehatan yang melayani kemoterapi bagi penderita kasus kanker di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Oleh karenanya dengan adanya rencana penambahan layanan kemoterapi di Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon dirasa akan membantu dalam menyesuaikan kebutuhan layanan kesehatan.

“BPJS Kesehatan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi fasilitas kesehatan untuk dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan peserta JKN akan layanan kesehatan serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,“ ucap Ridha.

Dengan adanya rencana penambahan pelayanan kemoterapi di Rumah Sakit Ciremai, Ridha berharap peserta penderita penyakit kanker di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon dapat semakin terlayani dengan baik, sesuai dengan indikasi medis dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Ciremai Kota Cirebon Muchlas Fahmi, berharap pengajuan penambahan layanan kemoterapi di tempatnya dapat berjalan semakin lancar. Ia juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat khususnya Peserta JKN.

“Kita akan persiapkan dengan baik segala sesuatunya baik sarana maupun prasarana yang dibutuhkan untuk pelayanan kemoterapi, tentunya agar pelayanan dapat berjalan secara optimal nantinya,” ujar Muchlas. (*)

Komentar