oleh

BPBD Majalengka Imbau Masyarakat Waspada Bencana

Citrust.id – Pada musim hujan saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka mengimbaubmasyarakat agar melakukan penataan drainase atau saluran air.

Kepala Pelaksana BPBD Majalengka, Agus Permana, mengatakan, drainase yang kedap mengarahkan aliran air permukaan menjauh dari daerah longsor atau potensi longsor.

“Membersihkan saluran air yg tersumbat oleh sampah atau material lainnya,” kata Agus Permana, Kamis (21/2/2019).

Agus mengimbau, bila hujan deras terjadi lebih dari 2 jam, masyarakat yang bermukim di daerah-daerah yang rawan atau berpotensi bencana, misalnya dekat tebing atau perbukitan, agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari bencana.

“Mengosongkan kolam-kolam yang tidak kedap air yang berada pada bagian atas tebing selama musim penghujan, untuk mencegah terjadinya longsor,” tuturnya.

Agus berpesan kepada masyarakat agar melaporkan kepada aparat pemerintah setempat jika terjadi gejala-gejala retakan tanah, kemunculan mata air baru, dan perubahan fisik mata air, atau gejala-gejala alam lainnya. Bisa juga menghubungi call center Pusdalops PB BPBD 082 340 400 300.

“Tetap siaga dan waspada karena kesiapsiagaan dimulai dari diri saya dan Anda siap untuk selamat,” tegasnya. (Abduh) 

BACA JUGA:   Tina Wiryawati Kawal Program Gubernur Jabar

Komentar

News Feed