oleh

BI Cirebon Resmi Kenalkan Uang Berdesain Baru kepada Masyarakat Ciayumajakuning

Cirebontrust.com – Bank Indonesia mengeluarkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 pada Senin (19/12). Peluncuran uang rupiah baru tersebut berlangsung di Gedung BI, Jakarta.

Dipaparkan Kepala KPw BI Cirebon, M Abdul Majid Ikram, uang rupiah baru yang telah diluncurkan tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. uang rupiah baru ini akan menampilkan 12 gambar pahlawan nasional.

Uang rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

“Uang rupiah baru tersebut dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat, untuk menanggulangi peredaran uang palsu. Antara lain melalui penguatan unsur pengaman antara lain dilakukan melalui color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso,” jelas Majid.

Sementara itu, untuk uang rupiah lama yang beredar pihaknya menjamin bahwa uang tersebut masih berlaku sebagai alat tukar yang sah di Indonesia. Dia meminta masyarakat tak perlu resah akan hal ini.

“Pecahan uang tersebut masih akan berlaku hingga nanti, apabila ada penarikan terhadap uang lama akan kami beritahukan jauh-jauh hari sebelumnya,” pungkas Majid. (Wilda)

BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Dukung Program Nusantara Sehat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed