oleh

Berawal Iseng Kini Kerajinan Lampion Benang Beromset Puluhan Juta Rupiah

CIREBON (CT)- Berawal dari internet, kini usahanya meroket. Inilah yang dialami oleh Ikal (32) Warga Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Usaha lampu lampionnya yang berada di Jl. Pulasaren Kelurahan Kasepuhan Kota Cirebon. Mampu menembus hingga ke luar pulau jawa. Selasa (14/10). 

Selain Supermarket yang ada di Cirebon, permintaan juga datang dari sejumlah daerah di luar pulau jawa, seperti Sumatra, Kalimantan dan sejumlah Kota besar lainnya di Indonesia.

Siapa sangka seorang lulusan SMA ini bisa membuat usaha yang dapat meraup omset puluhan juta per bulannya.

Ikal memulai usahanya satu tahun yang lalu. Dia melihat kerajinan dari benang di internet. Akhirnya ia mencoba membuatnya, dan hasil dari kerajinannya itu, iseng iseng dipasarkan disebuah acara muludan disekitar lingkungan Keraton Kasepuhan Cirebon. Tak disangka kerajinan lampion benang miliknya banyak yang minat.

“Dulu sih hanya iseng-iseng lihat di internet. Terus ada acara muludan. Saya jualan. Yaa…. Alhamdulillah laris. Sampe sekarang saya kirim ke sejumlah supermarket, yang ada di Wilayah Cirebon dan luar Kota.” Katanya.

Pembuatanya sederhana. Hanya membalut sebuah balon dengan benang sapai tertutup rapat. Kemudian di balur lem kayu dan di keringkan. Setelah itu di hias sesuai keinginan dengan kain flanerl. Tahap terakhir di beri lampu dan di kemas. Setelah itu siap di pasarkan.

Dengan kelompok yang di bentuknya sekarang. Ikal bisa memproduksi lampion benang sebanyak dua puluh per hari. Dengan kegiatan usahanya saat ini ikal mampu menyerap tenaga kerja di Cirebon. Khususnya rekan-rekannya yang saat ini sulit mendapat pekerjaan. (CT-107)

BACA JUGA:   Jalur Pendakian Gunung Ciremai Dibuka Kembali

Komentar

News Feed