oleh

Area Gelap Neptunus Terdeteksi untuk Pertama Kalinya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Teleskop luar angkasa Hubble telah mengkonfirmasi sebuah “area gelap” di Neptunus. Area gelap yang tertangkap untuk pertama kalinya dalam abad ini terlihat pada planet gas raksasa. Ini merupakan yang pertama sejak pesawat ruang angkasa Voyager 2 terbang melewati tahun 1989.

Vortisitas di Neptunus adalah sistem tekanan tinggi yang menghasilkan pusaran awan pendamping nan terang. Mereka memiliki ukuran dan bentuk beragam, dengan udara yang mengalir tinggi ke atmosfer dan membeku. Inilah yang membuat kristal identik dengan pusaran awan cerah.

Pusaran pada bulan September 2015 lalu ditangkap dengan program Outer Planet Atmosfer Legacy (OPAL). OPAL merupakan peta global yang menangkap planet luar. Temuan OPAL ini kemudian dikonfirmasi pada bulan Juli sebagai pusaran yang sama.

Menariknya, vortisitas di Neptunus tampak datang dan pergi pada rentang waktu yang jauh lebih pendek daripada yang terlihat di Jupiter, yang dapat mengamuk selama beberapa dekade. Tapi para astronom masih mengetahui sedikit terkait bagaimana situasi ini dapat terbentuk, dan bagaimana mereka bergerak dan berkembang. Paling tidak, penemuan ini membantu memperjelas gambar. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kejari Majalengka Tangani Kasus Korupsi CSR dan Dana Desa

Komentar

News Feed