oleh

Apel 3 Pilar, Wujud Membangun Kesadaran Partisipasi Masyarakat dalam Kamtibmas

Indramayutrust.com – Kegiatan apel 3 pilar yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Indramayu Drs H. Supendi dan Perwira apel Kasat AKP Rukman, serta komandan apel Pasi Ops Kodim 0616 Indramayu Kapten Inf Suranto, bertempat di Alun-alun Pendopo Kabupaten Indramayu, dihadiri oleh sejumlah aparatur pemerintah, Polisi dan TNI, Kamis (09/02) kemarin.

Kegiatan apel tersebut dihadiri oleh Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo Basuki, Dandim 0616 Indramayu Arh Benny Febriyanto, Ketua DPRD Kabupaten Indramayu Taufik Hidayat, wakil ketua Pengadilan Agama Indramayu Drs Muhidin dan peserta Apel yang berjumlah sekira 600 Orang terdiri dari satu SSK Kapolsek, Danramil serta Camat, Satu SSR Babinmas, Satu SSK Bhabinkamtibmas, Satu SSR Lurah/Kuwu, Satu SSR Unti Reskrim dan Unit Intelkam.

Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi, dalam sambutannya mengatakan jika dalam mencerminkan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini serta menyikapi pemberitaan nasional di media beberapa waktu terakhir ini, harus bijak dan tidak terprovokasi.

“Terlebih di medsos dipenuhi dengan kondisi dan informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan, bahkan menjurus fitnah atau bahkan dapat mengadu domba antar elemen bangsa, maka kita harus menyikapi dengan bijak terkait pemberitaan pemberitaan tersebut,” Katanya.

Dikatakannya, melalui apel 3 pilar tersebut merupakan forum silaturahmi yang sangat strategis untuk membangun kebersamaan, memelihara keamanan dan ketentraman, menjaga solidaritas TNI polri dan pemerintah daerah.

“Apel 3 pilar merupakan salah satu upaya dalam rangka menumbuh kembangkan rasa tanggung jawab untuk menjunjung nilai-nilai pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka tunggal ika, dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara,” ungkapnya

Untuk itu, lanjutnya mengatakan, pada bhabinkamtibmas serta bhabinsa dan perangkat desa sebagai ujung tombak, agar dapat membangun sinegritas dalam menyatukan gerak dan langkah agar tercipta hubungan yang harmonis, situasi yang tentram aman dan kondusif bagi pengembangan potensi masyarakat.

BACA JUGA:   Komunitas Predator Kembangkan Markisa Ungu

“Mari kita jaga NKRI dan Bhineka tunggal ika untuk bersama sama membangun bangsa dengan menjaga toleransi dan sikap tenggang rasa agar kesejahteraan dan keadilan sosial dapat tercapai serta merata di semua lapisan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Dandim 0616 Indramayu, Letkol Arh Benny Febriyanto S.Sos, mengungkapkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah merasakan kemerdekaan, namun kemerdekaan itu bukan hadiah semata bagi kita, untuk mendapatkan kemerdekaan tersebut para pejuang ikhtiar melawan para penjajah.

“Tugas kita menjaga kemerdekaan, negara kita selalu menjadi sasaran karena negara kita yang kaya akan segala sumber daya alam, dengan adanya apel 3 pilar kita menjaga situasi wilayah yang kondusif, di Indramayu kita bersatu jangan sampai kita terpecah belah, maka dari itu kita harus bersatu,” paparnya.

Sementara, Kapolres Indramayu, AKBP Eko Sulistyo Basuki SIK SH MH, mengatakan bahwa hal tersebut adalah puncak apel 3 pilar selama 9 bulan door to door. Pihaknya menghampiri 21 Kecamatan, dan membawa amanah dari Pemerintah Daerah serta Kodim 0616 Indramayu.

“Unsur 3 pilar kita wujudkan daya tangkal masyarakat kita, jangan sampai ada jarum jatuh yang tidak didengar oleh unsur 3 pilar, maka rekan rekan bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kuwu untuk menyampaikan nomor kontak pengaduan pelayanan sebagai upaya untuk meminimalkan hambatan hambatan komunikasi terhadap masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, apabila ada permasalahan di desa masing masing, maka harus dengan cepat menangani konflik tersebut serta aparatur desa yang memberikan solusi kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung khidmat, dengan keadaan aman dan lancar. (Didi)

Komentar

News Feed