oleh

Apakah Kegemukan Selalu Identik dengan Tidak Sehat?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ada sebuah stigma yang beredar lama di masyarakat, yaitu jika Anda gemuk atau memiliki berat badan berlebihan, secara otomatis Anda dicap tidak sehat. Benarkah demikian? Meskipun hal ini mendapat dukungan kuat dari sistem medis pada BMI yang menjadi pengukuran kesehatan, namun perlu kita jabarkan lebih lanjut apakah stigma ini benar adanya.

Sebuah studi survei kesehatan baru menemukan hampir setengah dari orang dewasa di dunia yang memiliki kelebihan berat badan ternyata memiliki “metabolisme yang sehat” Itu berarti mereka tidak berada pada peningkatan risiko untuk tekanan darah tinggi atau diabetes tipe 2 atau kondisi lain yang berhubungan dengan kesehatan metabolisme yang buruk.

Sementara itu, 29 persen orang dewasa obesitas dianggap sehat, namun 30 persen dari mereka yang dianggap berat badan sehat itu sebenarnya memiliki metabolik yang tidak sehat.

Sebuah studi selama 20 tahun yang diikuti oleh 2.500 orang dewasa Inggris menemukan bahwa orang-orang yang mengalami obesitas tapi sehat di awal, lebih dari setengah mereka kemudian mengembangkan masalah metabolisme hanya dalam waktu 5 tahun. Ini termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.

Yang penting, mengembangkan kebiasaan makan yang sehat itu jauh lebih penting untuk diterapkan demi bekal di hari tua. Daripada hanya terpaku pada pikiran tentang berat badan kita saja. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kota Cirebon Tetap Zona Merah Covid-19, Kadinkes: Tenaga Medis Sudah Letih

Komentar

News Feed