Citrust.id – BPJS Kesehatan mengadakan acara supervisi antrean online terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, Rabu (8/2/2023), di Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon.
Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, mengatakan, optimalisasi mutu layanan melalui pengembangan teknologi dan informasi menjadi sebuah prioritas yang terus dikembangkan BPJS Kesehatan. Bersama mitra fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk kian mempermudah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses berbagai layanan kesehatan yang diperlukan.
Dalam kesempatan tersebut, Edwin menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan dunia digital, sistem teknologi informasi harus dapat mengubah sistem pelayanan dari yang dulunya manual menjadi serba digital.
“Dengan adanya implementasi antrean online yang terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, peserta JKN cukup mengambil nomor antrean fasilitas kesehatan dari rumah. Selain itu melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta JKN juga dapat mengetahui kepastian waktu tunggu antrean dan layanan, serta memperkirakan waktu kedatangan ke fasilitas kesehatan. Ruang tunggu di rumah sakit juga akan terlihat lebih rapi, tertib dan tidak menumpuk sehingga membuat pasien maupun staf rumah sakit menjadi lebih nyaman,” ujar Edwin.
Hal ini dibenarkan oleh Dewi Lemanasari (50), salah seorang peserta JKN yang tengah berobat di Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon. Dewi mengungkapkan bahwa ia sering memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di Aplikasi Mobile JKN. Ia merasa terbantu dengan adanya fitur KIS Digital dan antrean online di Aplikasi Mobile JKN. Dengan adanya fitur antrean online ini, ia dapat melihat secara langsung jadwal praktik dokter, sisa antrean yang tersedia, serta waktu tunggu antrean di rumah sakit. Hal tersebut pun membuatnya tidak perlu khawatir ataupun terburu-buru untuk datang ke rumah sakit.
“Alhamdulillah adanya Aplikasi Mobile JKN, mempermudah kami memperoleh berbagai layanan di fasilitas kesehatan. Semoga BPJS Kesehatan dan rumah sakit tidak berhenti untuk terus meningkatkan sistem ataupun aplikasi ini ke depannya,” ucap Dewi.
Direktur Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon, Herry Septijanto mengatakan bahwa di Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon telah dibangun aplikasi pendaftaran online, baik menggunakan sistem bawaan rumah sakit maupun sistem di BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN.
Kedua aplikasi ini sudah terintegrasi, walaupun saat ini masih diperlukan penyempurnaan sehingga nanti akan lebih bermanfaat untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan nyaman. (*)