oleh

Antisipasi Kendala Distribusi, Foodmart Grage Mall Tambah Stok Produk Sambut Bulan Puasa

CIREBON (CT) – Para peritel, terutama yang bergerak di segmen makanan dan minuman serta pakaian, sudah menyiapkan diri menghadapi lonjakan permintaan. Hal yang dilakukan untuk mengantisipasi kendala distribusi menjelang bulan puasa adalah, dengan melakukan penambahan inventory produk hingga empat kali lipat dari masa normal.

Manager Foodmart Grage Mall Cirebon, Ayi Hermansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan penambahan stok sejak beberapa bulan lalu.

“Tentunya sudah, penambahan seperti ini kan tidak bisa dadakan. Sekitar dua kali sampai tiga kali lipat dari hari-hari normal,” tuturnya kepada CT,.

Selain bersiap menghadapi kenaikan permintaan, hal itu juga dilakukan untuk menyiasati peningkatan ongkos serta kendala distribusi dan logistik yang mungkin terjadi.

Menurut Ayi, semua gerai menerima penambahan stok tetapi dengan jumlah yang disesuaikan dengan permintaan pasar di daerah masing-masing.

Dia melanjutkan menjelang Lebaran, daerah-daerah yang berada di luar wilayah Jabodetabek, Jawa, dan Bali, biasanya mencatat penjualan yang lebih tinggi dari rata-rata. Sementara itu, penjualan di area Jawa dan Bali cenderung lebih stabil.

“Kami sudah punya analisa berdasarkan pola belanja tahun-tahun sebelumnya. Di minggu pertama produk apa yang paling banyak dicari konsumen, pekan kedua seperti apa, dan seterusnya,” terangnya.

Perseroan menilai kenaikan permintaan antar daerah relatif sama. Lonjakan permintaan yang terjadi di daerah-daerah luar Jawa dan Bali dipandang sama dengan yang terjadi di kedua wilayah itu. (Wilda)

BACA JUGA:   Anak Jalanan Diminta Tak Memalak Sopir Angkot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed