oleh

Aktif Setiap Aksi Kemanusiaan, PMI Semakin Matang di Usia 76 Tahun

Citrust.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi motivasi tersendiri bagi PMI Kota Cirebon untuk menjadi lebih baik.

Ketua PMI Kota Cirebon, dr H M Edial Sanif SpJP FIHA mengaku bangga, karena selama ini banyak relawan yang tidak kenal lelah dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Saya bangga terhadap relawan yang ada, karena mereka tidak digaji, bahkan sampai mengeluarkan materi tetapi tetap semangat dan aktif di setiap misi kemanusiaan,” ujarnya, Minggu (10/10/2021) saat sambutan peringatan HUT PMI Ke-76 dan peresmian gedung baru PMI di Jalan Sudarsono Kota Cirebon.

Edial juga mengatakan, relawan yang ada di PMI dari beragam kalangan, baik pelajar, birokrat hingga politisi. “Meski mereka berbeda latar belakang, tapi saat masuk PMI, mereka akan berubah jadi merah putih PMI,” jelasnya.

Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengatakan, di usia ke-76 tahun ini PMI semakin matang. PMI selalu tangguh dalam setiap misi kemanusiaan, utamanya di masa pandemi Covid-19 ini. “Kinerja mereka senantiasa diharapkan masyarakat, terutama bagi yang rentan,” ujarnya.

Eti juga mengatakan, penambahan usia tidak menjadikan PMI semakin tua, justru menjadi tantangan dan semangat dalam melayani masyarakat. Momentum ini pula untuk menjunjung tinggi peranan PMI secara profesional.

Perihal gedung baru, Eti menilai bahwa ini adalah wujud keseriusan pemerintah untuk merespon kebutuhan masyarakat, sarana dan prasarana yang ada akan menunjang peningkatan kinerja serta jadi pusat layanan kesehatan masyarakat.

“Ditambah gerakan muda yang aktif, menjadi kekuatan setiap misi kemanusiaan. Mereka juga akan menjadi pelopor bagi teman sebayanya,” tutur Eti.

Sementara itu, Ketua PMI Jawa Barat, Irjen Pol (Purn) Drs H Adang Rochjana meyakini, keberadaan gedung baru ini menjadi wujud semangat PMI Kota Cirebon dalam peningkatan pelayanan. “Saya apresiasi upaya yang sudah dilakukan, semoga jadi amal ibadah semua,” kata dia.

Sedangkan, Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said SE MBA mengatakan, keberadaan gedung ini akan menjadi landmark dan penanda bahwa PMI Kota Cirebon kuat.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran dan relawan PMI Kota Cirebon, agar tetap mengajak orang untuk taat protokol kesehatan (prokes).

“Keterlibatan PMI selama pandemi ini sangat aktif, baik sosialisasi prokes hingga vaksinasi,” katanya. (Aming)

Komentar

News Feed