oleh

2015, BAZNAS Kota Cirebon Salurkan Zakat Rp 2,9 Miliar

CIREBON (CT) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Cirebon untuk tahun 2015 berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp 2.944.230.500 (2,9 miliar) atau naik sekitar 1,03 persen bila dibandingkan capaian 2014 lalu.

Hal itu dikatakan oleh Ketua BAZNAS Kota Cirebon, KH Sujai Amin yang mengungkapkan, berdasarkan evaluasi pengumpunlan zakat pada tahun 2015 terhitung Januari hingga Desember 2015 BAZNAS Kota Cirebon berhasil mengumpulkan Rp 2.944.230.500 dan untuk tahun 2015 besarnya zakat yang sudah disalurkan 80 persen.

“Sisa anggarannya akan digunakan untuk mendanai bidang kesehatan, pendidikan bagi warga tidak mampu dan pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Terkait pengumpulan zakat tahun 2015, Sujai mengatakan pengumpulan zakat tahun 2015 memang sudah mengalami peningkatan, akan tetapi diharapkan kepada seluruh pengurus BAZ agar lebih giat lagi untuk melakukan sosialisasi terhadap muzaki yang ada di kecamatan sampai ke kampung-kampung.

“Karena berdasarkan survei Potensi Zakat di Kota Cirebon berjumlah Rp 50 Miliar lebih. Jadi jika dibandingkan dengan pengumpulan zakat kita saat ini masih jauh dari target,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, mulai tahun 2016 ini pihaknya akan bekerja lebih giat lagi dengan melakukan sosialisasi yang lebih gencar lagi untuk  memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Lebih jauh  dia mengharapkan untuk program kerja tahun 2016 ada beberapa program yang akan di jalankan diantaranya, pertama, melakukan sosialisasi, pembinaan ke seluruh kampung dan SKPD. Kedua, mengoptimalkan Program SIMBA (sistem managemen badan Amil Zakat), ketiga, mengembangkan UPZ Masjid dan mengembangkan UPZ Kecamatan.

“Di samping itu, saya berharap untuk mengoptimalkan database Muzaki dan mustahik dengan harapan dapat mempermudah kerja para pengurus BAZNAS,” ungkapnya. (Wilda)

BACA JUGA:   Polisi Tetapkan Begal Payudara sebagai Tersangka

Komentar

News Feed