oleh

Siti Squrotul Aini, Perjuangan Menjadi Penari Topeng itu Tak Mudah

Citrust.id – Siti Squrotul Aini, tak bisa lepas dari kesenian tari topeng Cirebon. Saat ini ia tengah menempuh pendidikan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Meski memiliki banyak kegiatan, ia tetap memprioritaskan tari topeng.

Sudah 5 tahun ia bermimpi dan akhirnya menjadi nyata dengan bergabung di Sanggar Tari Kacirebonan. Setelah ia menjalani 1 tahun bersama pelatihnya yang kerap disapa Bang Igo, ia sangat senang karena mulai banyak orang yang mengajak dan diundang ke setiap acara pentas seni.

“Kegigihan Bang Igo menjadi seorang penari sangatlah besar karena seni mengajarkan kepada kita arti dari kehidupan bahkan kita bisa memberikan dengan sebuah keindahan. Dia bisa menari dimana pun tanpa melihat golongan sekitar. Membuat saya semakin bersemangat dan ingin mendalami kembali. Selain itu, saya bisa bersilaturahmi di setiap pentas seni serta mempunyai teman dan pengalaman baru,” ujarnya, Rabu (19/9/2018).

Selain itu, ia pernah mengikuti kompetisi dan juga pernah mengisi atau menjadi juri di Dema Fakultas kampus. Dari pengalaman itulah dia tidak pernah menyerah dan mau berusaha untuk belajar menjadi penari profesional.

Memang tidak mudah menjadi seorang penari, kata Aini. “Tetapi, dengan kesabaran dan semangat untuk belajar pasti akan berhasil. Kita harus merawat budaya yang ada di Indonesia dan dijaga baik-baik supaya tidak hilang dan pudar, kemudian hanya sisa cerita belaka,” pungkasnya./haidzar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed