oleh

Cietos Perumnas Gelar Festival Tari Tradisional

CIREBON (CT) – Cietos Perumnas menggelar Festival Tari Tradisional di Jalan Rajawali, Perumnas Kota Cirebon. Gelaran ini memperebutkan piala Walikota Cirebon. Sabtu (29/11).

Festival ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai sanggar, dan diperlombakan berdasarkan kategori umum. Acara sendiri dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Danan Kartiman.

Dalam Sambutannya, Danan mengaku sangat bangga, karena tari tradisional masih mendapat tempat di ahti masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti acara ini.

“Seni tradisonal tari topeng merupakan kebanggaan masyarakat Cirebon, dan kami berharap agar seni dan budaya ini bisa terus dikembangkan dan terus dilestarikan,” kata Danan.

Sementara Alfan Faslah selaku Diputi General Menager Cietos mengatakan bahwa sebenarnya di Cietos sering dilakukan banyak event, namun pihaknya mencoba untuk menggelar festival tari tradisional yaitu tari topeng.

“Kami juga tidak membatasi ruang gerak kebudayaan lokal dan daerah seperti tari topeng, karena kami ikut serta melestarikan seni budaya daerah,” ujar Alfan

Dari pihak dewan juri, panitia mendatangkan dewan juri yang berkompeten dibidangnya, yaitu Deni dari Bandung, Beni Sintaro dari Cirebon juga Wiwin dari Disbudparpora Kota Cirebon. Kostum, dan performance di atas panggung menjadi penilaian utama untuk menjadi pemenang.

“Kami juga akan sportif memberikan penilain terhadap para perserta lomba,” ujar Wiwin. (CT-105)

BACA JUGA:   Pertamina Balongan Tangkal Penyebaran Covid-19

Komentar

News Feed