oleh

Mitha: Penyakit Diare, Ispa, dan Dehidrasi Hantui Masyarakat Cirebon

Citrust.id – Penyakit diare, ispa, dan dehidrasi hantui masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Penyakit-penyakit tersebut datang seiring dengan cuaca panas ekstrem yang saat ini membayangi temperatur suhu kota, khususnya di daerah Pantura.

Ungkapan tersebut dikatakan langsung oleh Pakar Kesehatan Masyarakat dari STIKes Mahardika Cirebon, Mitha Erlisya Puspandhani kepada citrust.id, Jumat (12/10/2018).

Menurutnya, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia terutama dari segi kekebalan tubuh.

“Kenapa diare? Karena banyak debu yang sekarang bertebaran akibat angin. Jadi banyak asupan makanan terkontaminasi. Lalu akibat debu dari kemarau yang semakin banyak berpotensi ispa. Dehidrasi karena banyak mengeluarkan keringat membuat tubuh kita kekurangan cairan. Jadi harus banyak asupan cairan di dalam tubuh kita,” terangnya.

Ia menjelaskan, penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa upaya seperti istirahat yang cukup, memperbanyak minum air mineral, menjaga kebersihan makanan maupun minuman, dan senantiasa melakukan aktivitas olahraga.

Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan tubuh di musim kemarau ini, lanjut Mitha, gampang-gampang susah. Namun dengan tekad kuat untuk tetap sehat niscaya dapat menghindari dari berbagai penyakit tersebut.

“Selama rutin menjaga kesehatan. Tubuh kita aman dari berbagai macam penyakit,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed