oleh

Usai Dirawat di RS Jiwa, Puluhan ODGJ Jalani Vaksinasi Covid-19

Citrust.id – Sebanyak 28 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa pulang kembali ke keluarganya masing-masing usai dirawat selama tiga minggu lebih di RSJ Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor. Mereka langsung mendapat vaksin Covid-19 dari Dinas Kesehatan. Puluhan ODGJ itu juga mendapat santunan total sebesar Rp28 juta dari Baznas Majalengka. Masing-masing mendapat Rp1 juta.

Sekdis Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Agus Susanto, mengatakan, pihaknya mencatat, ada 1.718 ODGJ sebagai sasaran pelayanan. Sebanyak 1.442 ODGJ di antaranya telah ditemukan dan mendapat pelayanan kesehatan jiwa di tingkat puskesmas maupun rumah sakit umum. Selain itu, terdapat 133 ODGJ berat yang telah diperiksa dan dievakuasi massal dalam empat periode bekerja sama dengan RSJMM.

Sementara itu, perwakilan RSJMM, Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat, menyampaikan, pihaknya menyerahkan kembali 28 ODGJ. Terdiri dari dua ODGJ masih menjalani perawatan di RSJMM dan dua ODGJ langsung menjalani rehabilitasi di Balai Phalamarta Kemensos RI. Sedangkan 24 ODGJ diserahkan kembali ke Pemda Majalengka melalui Dinkes, puskesmas dan keluarga mereka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Harizal F Harahap, menerima kembali 24 ODGJ pasca-rawat. Mereka berasal dari 15 kecamatan dan 17 puskesmas.

“Terima kasih kami ucapkan kepada direksi dan tim pelayanan kesehatan jiwa masyarakat RSJMM yang telah mengevakuasi, merawat dan mengobati ODGJ Berat Majalengka. Kami berharap tidak sampai periode ini saja, tetapi berlanjut ke periode berikutnya,” ujar Harizal. (Abduh)

Komentar

News Feed