oleh

Tips Berkendara Roda Dua Saat Musim Hujan

CIREBON (CT) – Saat musim hujan, kondisi jalanan tentu sangat licin dan berisiko terjadi kecelakaan apabila pengemudi tidak hati-hati dalam berkendara. Terlebih pengendara motor yang ingin buru-buru sampai tujuan. Perlu diperhatikan, keselamatan jauh lebih penting dari motor Anda. Untuk para pengemudi roda dua, alangkah baiknya melakukan beberapa tips bermanfaat berikut ini.

  1. Menggunakan Jas Hujan. Minimal, jas hujan berfungsi untuk melindungi tubuh agar tidak basah kuyup.
  2. Atur Kecepatan mengemudi. Jangan terburu-buru jika tidak ingin celaka. Karena guyuran hujan selain membuat jalan licin juga mengganggu penglihatan Anda.
  3. Hindari Genangan Air. Melewati genangan air selain dapat menimbulkan cipratan yang dapat mengganggu pengemudi lain, juga dapat berpotensi bahaya karena lubang yang tidak dapat Anda prediksi. Karena itu, faktor kecepatan mengemudi juga perlu diperhatikan.
  4. Hindari pengereman mendadak (emergency brake). Jika sampai harus melakukan pengereman, usahakan kaki bergerak seolah-olah seperti sifat Antilock Brake System, yaitu tekan-angkat. Jadi lakukan pengereman dengan cara menginjak pedal rem, lepaskan kemudian injak lagi. Lakukan beberapa kali dengan halus. Itulah tips bermanfaat yang bersumber dari laman mrmontir.com. Selalu hati-hati dalam berkendara! (Net/CT)
BACA JUGA:   KNPI Majalengka Dorong Peran Pemuda dalam Pembangunan Daerah

Komentar

News Feed