oleh

Telkomsel Luncurkan Layanan 5G Pertama di Indonesia

Citrust.id – Setelah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) pada 24 Mei, Telkomsel resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G dengan mengusung tema 5G: Unlock the Future.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, mengatakan, Hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi milestone penting bagi Telkomsel, tetapi juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan.

“Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di tanah air akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital,” ujarnya

Setyanto menambahkan, Telkomsel 5G semata-mata hadir untuk masyarakat, industri, dan negara Indonesia. Untuk itu, komitmen Telkomsel selanjutnya adalah menghadirkan layanan Telkomsel 5G untuk seluruh elemen bangsa, bukan hanya untuk kota atau industri tertentu atau segelintir pelanggan.

Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru yang mampu mentransformasi kehidupan dan mengimplementasikan keunggulan jaringan 5G.

5G dari Telkomsel akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, Telkomsel akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor, seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.

Hadirnya jaringan dan layanan Telkomsel 5G juga merupakan konsistensi Telkomsel dalam upaya mendukung rencana strategis Kementerian Kominfo RI untuk membangun fundamental digital nasional secara lebih terstruktur dan masif. Salah satu pondasinya yaitu dengan mendorong percepatan transformasi digital di tiga aspek, yakni masyarakat, pemerintahan, dan bisnis.

Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate, mengatakan, Indonesia memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern karena jaringan 5G Telkomsel sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat, sekaligus memperkuat upaya Telkomsel yang selalu di depan dan bergandengan tangan bersama para pemangku kepentingan untuk memajukan ekosistem digital di Indonesia.

Memaknai hal ini, Kementerian Kominfo sebagai fasilitator, regulator, dan akselerator pun akan terus mendorong pengembangan dan pemanfaatan jaringan 5G dan menghapus disparitas internet di Indonesia.

“Kami pun berharap Telkomsel bisa terus berkolaborasi bersama pemerintah pusat dan daerah hingga para pelaku industri untuk memastikan penyelenggaraan 5G bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir, mengungkapkan, dirinya bangga Telkomsel berhasil menjadi operator seluler pertama yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial di Indonesia. Kehadirannya akan menjadi game-changer terhadap transformasi digital di tanah air, termasuk dalam hal penguasaan teknologi di dalam negeri, serta menjadi kunci pengembangan daya saing usaha dan kemajuan bangsa.

“Kami berharap, dengan 5G, Telkomsel akan terus bersama dengan pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menginisiasi lebih banyak produk, solusi, dan inovasi yang mampu mendorong kematangan ekosistem dan ekonomi digital nasional secara inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya.

Setyanto menambahkan, fokus Telkomsel dalam menggelar 5G adalah menjadikan layanan jaringan serta solusi digital yang dihasilkannya bisa mudah diakses dan terjangkau bagi siapa saja. Dalam waktu dekat ini, sejumlah inisiatif baru untuk pengembangan bisnis terkait digital platform dan digital services akan segera dihadirkan Telkomsel.

“Hal ini menjadi bagian dari penguat komitmen transformasi sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia ” tandas Setyanto. (Haris)

Komentar

News Feed