oleh

Tanam 1.000 Pohon, Pemda Kota Cirebon Galakkan Penghijauan Area Publik

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon menanam 1.000 pohon untuk mendukung kota yang hijau dan bersih. Salah satu titik yang menjadi target penghijauan adalah kawasan Bima.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengatakan, kawasan Bima merupakan tempat pelayanan publik yang bisa diakses masyarakat secara langsung dan cuma-cuma.

“Untuk itu, kebersihan kawasan ini harus dijaga. Selain itu, lebih dihijaukan dengan penanaman pohon yang dilakukan hari ini,” ujar Agus, saat kerja bakti dan penanaman pohon di kawasan Bima, Jumat (18/6).

Penanaman pohon yang digelar di beberapa titik itu dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan mendukung visi dan misi Kota Cirebon yang hijau dan bersih. Diadakan pula kerja bakti massal berupa bersih-bersih kawasan Bima. Kegiatan itu diharapkan mendorong masyarakat, termasuk Pedagang Kaki Lima (PKL), turut serta menjaga kebersihan kawasan Bima.

“Dengan menjaga kebersihan, kita bisa menjaga kesehatan. Kesehatan adalah modal penting pada masa pandemi Covid-19,” ungkap Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Kadini, menjelaskan, hari ini ada 35 pohon yang ditanam di kawasan Bima. Pohon yang ditanam jenis trembesi dan mahoni. Sedangkan 1.000 pohon yang ditargetkan ditanam tahun ini sudah tercapai.

Kadini menambahkan, pascapenanaman, pihaknya tetap mengawasi dan mengontrol. Terutama dengan melakukan penyiraman, apalagi saat musim kemarau.

“Dengan demikian, pohon tetap bisa hidup dan tumbuh untuk lebih menghijaukan kawasan Bima sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Kota Cirebon,” katanya. (Haris)

Komentar

News Feed