oleh

Sutrisno dan Utje Terima Penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2014

MAJALENGKA (CT) – Bupati Majalengka H Sutrisno beserta Bupati Kuningan Utje CH Suganda dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi beserta lima Gubernur yakni Ahmad Heryawan (Aher) bersama empat sejawatnya di Sumatera Utara (Gatot Pujo Nugroho), Sumatera Selatan (Alex Noerdin), Jawa Tengah (Ganjar Pranowo), dan Sulawesi Selatan (Syahrul Yasin Limpo) menerima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2014, kategori gubernur.

Kabag Humas Pemkab Majalengka Ucu Sumarna mengatakan penghargaan ini diberikan sebuah media massa nasional yang diselenggarakan serangkaian perayaan HUT ke-9 di Solo, Jawa Tengah, akhir pekan kemarin. Tropi penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang didampingi CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

“Dari wilayah III Cirebon, Alhamdulillah Bupati Majalengka dan Bupati Kuningan berhasil meraih penghargaan beserta Pak Gubernur Aher dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, “ kata Sumarna, Minggu, (14/12).

Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutannnya sebagaimana dirilis Humas Pemprov Jabar melalui pesan elektronik mengatakan sebelum menyampaikan tanda penghargaan menyatakan harapannya agar prestasi yang diterima para kepala daerah tersebut, mendorong pejabat tertinggi daerah lain melahirkan kebijakan inovatif.

“Kita tentu berharap agar seluruh kepala daerah dari Sabang sampai Merauke terdorong motivasinya untuk melahirkan berbagai inovasi. Kebijakan yang inovatif itu diharap mempercepat kesejahteraan masyarakat,” papar Tjahjo.

Sementara itu, CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo pada kesempatan yang sama menyinggung latarbelakang penghargaan yang diberikan media massa yang dipimpinnya. Menurutnya, kemajuan bangsa ditentukan kepesatan perkembangan semua sektor pembangunan di daerah.

Ditegaskan pula, daerah yang pesat perkembangannya dapat dipastikan memiliki kepala daerah yang tangguh. Hal ini tak hanya terbukti di Indonesia, namun juga negara-negara maju. Hary menyebut salah satu contohnya adalah China.

“Kepala daerah yang tangguh pasti daerahnya maju. Semoga kepala daerah berprestasi pada malam ini menginspirasi hampir 500 kepala daerah lain di seluruh Tanah Air,” tutur Hary.

BACA JUGA:   Begini Respon Anggota DPRD Kota Cirebon saat Ditanya Tugas oleh Anak SD

Gubernur Jabar meraih penghargaan berkat inovasinya dalam upayanya menjadikan Citarum menjadi sungai bersih. Usaha terpadu dan simultan yang dilakukan melalui Program Citarum Bestari ini dimulai sejak Februari 2013 hingga 2018. Penanganan kerusakan lingkungan Citarum selama ini bersifat parsial.

Gatot Pujo Nugroho, gubernur Sumut, mengantongi penghargaan melalui kebijakannya di industri kelapa sawit yang terintegrasi dengan sapi dan energi. Sementara Gubernur Sumsel berkat program pendidikan dan berobat gratis di sekolah negeri maupun swasta.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dinilai inovatif dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendobrak sulitnya komunikasi masyarakat. Sedangkan Syahrul Yasin Limpo, gubernur Sulsel, melahirkan gebrakan berupa program SPP gratis bagi mahasiswa kurang mampu.

Selain tingkat gubernur, memberikan penghargaan serupa kepada lima walikota dan lima bupati. Pejabat asal Jabar yang mendapat penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2014 yakni Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta), Sutrisno (Bupati Majalengka), dan Utche CH Suganda (Bupati Kuningan).
(CT-110)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed