oleh

Ruwatan Mengenang 242 Tahun Bandar Cimanuk Akan Diadakan Triwulan Sekali

INDRAMAYU (CT) – Acara Ruwatan Bandar Cimanuk yang dilaksanakan Indramayu Historia Foundation sudah memasuki umur yang ke-242 Tahun, walaupun memang acara tersebut tidak rutin diadakan setiap tahunnya. Hanya terhitung beberapa kali saja, akan tetapi acara tersebut menyedot ribuan masyarakat Indramayu untuk mengikutinya, Rabu (24/12).

Acara tersebut dilaksanakan di bantaran Sungai Cimanuk, dengan ribuan peserta diantaranya budayawan, sastrawan, sejarahwan, komunitas dan masyarakat Indramayu. Acaranya sangat sederhana hanya dengan mengarak 3 tumpeng dan membagikan tumpeng tersebut ke masyarakat sekitar.

Menurut Nang Sadewo, penggagas Indramayu Historia Foundation menjelaskan bahwa bahwa acara tersebut terdapat berbagai acara antara lain doa dan kidung tasyakur atau yang biasa disebut doa sesepuh yang dimeriahkan oleh ruwatan wayang golek cepak Ki Dalang Akhmadi, lalu pembacaan puisi Gurit Dermayu oleh Nurochman Sudibyo atau Ki Tapa Kelana dan acara-acara lainnya misalnya seperti pameran foto dan grafiti.

“Sebenarnya acara ini tidak rutin kami adakan setiap tahun, pada awalnya kenapa kami mengadakan acara ini karena dahulu sekitar 430 tahun yang lalu di bantaran Sungai Cimanuk ini adalah sentral perdagangan, panjang cerita untuk mengenangnya dan melestarikan sejarah kami adakan acara ini meskipun tidak rutin, akan tetapi jika semua sudah dibenahi kami akan mengadakan acara ini triwulan sekali agar masyarakat Indramayu dapat lebih mencintai sejarah,” tuturnya. (CT-112)

BACA JUGA:   Ribuan Santri Majalengka Ikuti Jalan Sehat Bersarung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed