oleh

Rektor Terpilih ITB Kadarsah Suryadi, Siap Jalin Kerjasama dengan Keraton dan Perguruan Tinggi di Cirebon

CIREBON (CT) – Dalam kunjungannya ke keraton Kanoman Cirebon, Kamis (25/12), Rektor terpilih Institut Tekhnologi Bandung (ITB) Prof. Kadarsah Suryadi, berencana melakukan berbagai kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat dengan keraton-keraton yang ada di Cirebon.

Tak hanya dengan keraton, dalam memimpin ITB dalam waktu dekat ini Kadarsah rencananya akan bekerjasama dengan keraton Kasepuhan Kota Cirebon, untuk kegiatan akademik bagi Fakultas Desain ITB. “Untuk penelitian dan pengabdian masyarakat, kita siap melakukan kerjasama,” katanya saat ditemui disela-sela kunjungannya ke Keraton Kanoman Cirebon.

Dalam waktu dekat ini, Kadarsah juga akan menjalin kersajama dengan berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Cirebon, untuk penerapan teknologi unggulan. “Insya Allah, pola kerjasama untuk dunia pendidikan akan kita upayakan, apalagi Cirebon merupakan tempat tinggal saya,” katanya.

Kadarsah juga membantah rumor, ITB akan mendirikan kampus di wilayah Cirebon Kota. Kadarsah mengatakan, dirinya tak pernah berpikiran untuk membangun perguruan tinggi di kota kelahirannya ini.

Menurutnya, kota cirebon ini memiliki banyak potensi dan daerah yang sangat strategis untuk pengembangan ilmu pengetahuan, terbukti dengan kemajuan kotanya yang sangat pesat.

“Dari misi nasional ITB, belum ada rencana pendirian kampus di wilayah luar kota Bandung, untuk pembangunan kampus ITB di Kota Cirebon itu belum ada rencana sama sekali. Yang ada ITB itu baru akan menjalin kerjasama dengan keraton dan kampus-kampus di Cirebon untuk penelitian desain dan pengembangan penerapan tekhnologi unggulan,” pungkasnya.

Kadarsah Suryadi merupakan guru besar Fakultas Teknik Industri ITB, pada Kelompok Keahlian Manajemen Industri. Beliau menamatkan pendidikan sarjananya pada tahun 1986 dari Teknik Industri ITB.

Pendidikan magisternya dilanjutkan di Perancis pada tahun 1987-1988 serta langsung dilanjut untuk menyabet gelar doktor di negeri yang sama pada tahun 1988-1992. Saat ini beliau sebagai Rektor terpilih ITB, dan akan dilantik secara definitif pada 5 Januari 2015 mendatang. (CT-104)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed