oleh

Ratu Arimbi: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Pelajari Makna dan Titipannya

Cirebontrust.com – Juru Bicara Keraton Kanoman Cirebon, Ratu Arimbi Nurtina MHum mengatakan, kepada awak media dirinya bersyukur prosesi panjang jimat terlaksana lancar.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang dilaksanakan di Keraton Kanoman Cirebon dilakukan prosesi tradisi leluhur sejak dahulu dijalankan.

a-ratuarimbi
Proses panjang jimat, diiringi seluruh abdi dalem keraton, berjalan membawa benda-benda bersejarah menuju ke Masjid Agung Kanoman. Iring-iringan tersebut, para abadi dalem membawa nasi jimat, buah-buahan, bunga, air suci kemudian uang. Dengan khidmat, keluarga keraton juga turut serta dalam rombongan tersebut.

“Beberapa prosesi, tetap kami laksanakan dari dulu hingga sekarang. Termasuk ritual yang dilaksanakan pada puncak acara panjang jimat,” ujar Ratu Arimbi kepada Cirebontrust.com.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad, lanjut Arimbi tujuan utamanya adalah memperingati kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam peringatan kali ini, Keraton Kanoman memiliki pesan dan harapan, agar tetap menjaga tradisi.

“Kita peringati kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW dan mempelajari makna maupun ajaran yang dititipkan kepada leluhur kami. Peringatan ini juga memberi pesan, agar ajaran yang dititipkan kepada leluhur kami bisa dititipkan kepada generasi mendatang,” katanya.

Usai prosesi panjang jimat digelar, ratusan warga masih yampak menunggu di halaman Masjid Agung Keraton Kanoman, mereka mengikuti doa bersama para abdi. Selanjutnya jimat peninggalan, akan disimpan kembali ke dalam Keraton Kanoman. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Samakan Persepsi, Setda Majalengka Gelar Bimtek Keprotokolan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed