oleh

Rahasia Orang Tionghoa Bisa Hidup Kaya Raya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Banyak pengusaha kaya di Indonesia merupakan keturunan Tionghoa atau China. Mereka menggeluti banyak bisnis seperti teknologi, fesyen, berdagang, dan banyak lainnya. Kegigihan mereka dalam berbisnis patut diacungi jempol.

Mayoritas keturunan Tionghoa juga pintar mengelola keuangan. Biasanya, jika mereka keturunan orang kaya maka kekayaan itu akan terus bertambah setiap waktunya. Fakta tersebut membuat beberapa orang bertanya, bagaimana cara mengelola bisnis hingga bisa menjadi orang kaya?

Keturunan Tionghoa atau China mempunyai strategi dan cara mengelola dan mencari kekayaan. Ingin tahu?

Bekerja bagi orang Tionghoa adalah pedoman hidup. Bekerja adalah salah satu cara bagi mereka untuk membuktikan pada dunia tentang keberadaan diri mereka.

Dengan bekerja tidak hanya mendapat penghasilan untuk diri sendiri, tapi bisa membantu keluarga, kerabat dan orang lain. Selain itu, etos kerja keturunan Tionghoa lebih baik dan membuat mereka lebih mudah untuk menaiki tangga kesuksesan. Mereka tidak ragu mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki ketika bekerja. Hasilnya tidak mengecewakan.

Selain itu, orang Tionghoa setidaknya menyisihkan 70 persen dari penghasilan mereka untuk ditabung, salah satunya di deposito. Sistem menabung deposito ini baru bisa diambil dalam jangka waktu tertentu dan Anda tidak bisa membobol tabungan kapan aja, terkecuali lagi dalam keadaan darurat.

Mungkin berat buat Anda yang terbiasa hidup boros, berat jika hanya bisa menggunakan 30 persen dari penghasilan untuk kebutuhan bulanan. Tapi, kalau Anda mencoba untuk membiasakannya, nanti juga akan terbiasa.

Masyarakat keturunan Tionghoa juga punya prinsip untuk menghindari utang, membeli segala sesuatu pun diusahakan dengan uang tunai. Jika mereka ingin membeli gadget terbaru, tapi uang belum mencukupi. Mereka lebih memilih untuk menunda sampai uang mencukupi, ketimbang ngutang. Sebab, ke depannya utang beserta bunganya hanya akan merepotkan. (Net/CT)

Komentar

News Feed