oleh

Pola Makan Pemicu Munculnya Batu Ginjal

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Penderita batu ginjal akan mengalami rasa sakit hebat yang disebabkan oleh batu berukuran kecil itu saat melewati saluran kemih. Kebanyakan batu ginjal adalah mineral padat yang menggumpal dan bersarang di saluran kemih. Mayoritas batu ginjal terbentuk dari kalsium, biasanya kombinasi antara kalsium dan oksalat, tetapi ada juga yang terbentuk dari asam urat.

Merasa sudah makan secara sehat tetapi justru terkena batu ginjal? Apa yang salah? Tentu saja karena oksalat yang banyak ditemukan di sayuran berdaun hijau. Idealnya, oksalat akan berikatan dengan kalsium di usus dan dikeluarkan tubuh lewat saluran kemih. Namun, jika jumlah oksalat terlalu tinggi, konsentrasi zat kimia ini lebih banyak di urine dan memicu terbentuknya batu.

Baca juga: Jangan Abai, Kenali Gejala Munculnya Batu Ginjal Sedini Mungkin

Sebuah penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam jurnal Nutritional Epidemiology menemukan bahwa vegetarian dan orang yang sering makan ikan lebih jarang terkena batu ginjal dibandingkan dengan orang yang makan daging. Konsumsi daging merah atau daging unggas 100 gram setiap hari diketahui bisa memicu batu ginjal.

Sekitar 1 dari 11 orang diperkirakan bakal menderita batu ginjal dalam hidupnya. Sayangnya, sekali kita memiliki batu ginjal, kemungkinan untuk kambuh mencapai 50 persen. Meski penyakit ini lebih banyak diderita kaum pria, ternyata wanita yang menderita obesitas juga berisiko. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Dukung Program Nusantara Sehat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed