oleh

Picu Macet Saat Mudik, U-Turn Sepanjang Pantura Cirebon Ditutup Sementara

Cirebontrust.com – ‎Keberadaan putaran balik atau U-turn yang terdapat di jalan pantura selama ini menjadi salah satu penyebab kemacetan saat arus mudik dan balik lebaran. Sebagai antisipasi, polisi bakal menyiapkan langkah agar kemacetan bisa terhindarkan.

“Di Cirebon khususnya Pantura dari barat hingga perbatasan Jateng memang banyak U-turn. Sehingga khusus arus mudik dan balik ini kita tutup,”‎ jelas Kapolres Cirebon, AKBP Risto Samodra, Rabu (14/06).

Risto mengatakan, penutupan tersebut tidak dilakukan secara permanen dan hanya berlaku pada jam-jam tertentu sesuai karakteristik dan intensitas laju kendaraan terutama di Pantura.

Menurutnya jika dalam kondisi jalanan sepi, maka U-turn yang semula ditutup akan dibuka sementara. Sehingga masyarakat lokal bisa memanfaatkannya tanpa harus memutar kendaraan di titik lain.

“Sepi kita buka, padat tutup lagi. Jadi saya mohon kerelaan masyarakat karena kita akan memprioritaskan dulu pemudik agar lancar,” ujarnya.

Selain U-turn, keberadaan para pengguna becak juga kerap menimbulkan kemacetan. Terlebih para pengguna becak banyak yang ‎melawan arus kendaraan. Meski demikian polisi memastikan tidak akan melarang para pengguna becak selama mudik dan arus balik lebaran.

“Kita tidak bisa melarang, kecuali pemerintah siap menanggung. Karena kan mereka sama mencari rezeki lebaran. Jadi larangan atau penertiban tidak ada. Hanya pengaturan saja agar ikut tertib berlalu lintas,” pungkas Risto. (Johan)

BACA JUGA:   Potensi Pesilat Kuningan Dinilai Luar Biasa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed