oleh

Petugas DPPKP Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Citrust.id – Dinas Pertanian Peternakan dan Kelautan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon melakukan peninjauan dan pemeriksaan proses penyembelihan hewan kurban di tujuh lokasi, Minggu (11/08/2019).

Tujuh lokasi itu di antaranya Masjid Attaqwa, balaikota, Kelurahan Sukapura, dan Masjid Al Huda di Jalan Saleh, Kecamatan Kejaksan. Kegiatan itu akan dilakukan dalam tiga hari ke depan di sejumlah titik.

Pemeriksaan daging yang dilakukan petugas DPPKP dan dokter hewan meliputi teknis penyembelihan serta bagian hati, baik kambing maupun sapi. Dari pemeriksaan tersebut, ditemukan penyembelihan yang tidak sempurna.

“Ada beberapa penyembelihan kurang sempurna, seperti saluran yang tidak putus” kata Iin Inayati, Kabid Peternakan DPPKP Kota Cirebon.

Petugas juga menemukan hewan kurban yang sudah dipotong, tapi tidak segera diselesaikan

“Panasnya suhu akan mengurangi kualitas daging. Mikroba di bagian jeroan akan berkembang biak, bisa mencemari daging,” jelas Iin.

Dikatakan Iin, pihaknya juga memeriksa organ dalam, baik kambing maupun sapi. Dari pemeriksaan itu ditemukan cacing hati dan pengerasan daging karena cacingan sudah kronis.

“Pada pemeriksaan hati dan organ dalam, hanya sedikit yang ditemukan cacing hati. Bagian yang terdapat pengerasan diafkir atau dibuang sebagian ” tegasnya.

Selama peninjauan lapangan, petugas juga menemukan sejumlah warga yang masih menggunakan plastik hitam untuk membungkus daging.

“Kami mengimbau warga agar tidak menggunakan plastik hitam untuk membungkus daging,” tegas Iin. (*)

Komentar

News Feed