oleh

Pemkab Cirebon Diminta Peduli pada Objek Wisata Kura-kura Belawa

Cirebontrust.com – Pemerintah Kabupaten Cirebon diminta untuk turut serta terlibat membantu melestarikan objek wisata kura-kura Belawa.

Hal tersebut menyusul karena kondisi di objek wisata kura-kura Belawa dalam keadaan memprihatinkan, karena kurang tersedianya pakan untuk kura- kura.

Anggota DPRD Dari Komisi II, Diah Irwany Indriyati, meminta Pemkab Cirebon secara nurani bisa membantu, meski secara kewenangan bantuan untuk objek wisata kura-Kura Belawa ini dipindahkan ke tangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Beberapa waktu lalu, terdapat komunitas pencinta kura-kura dari Bogor yang memberikan bantuan pakan untuk kura-kura Belawa tersebut. Diah memberikan apresiasi terhadap komunitas ini, namun bantuan pakan ini diperkirakan hanya bisa bertahan dalam waktu sebulan saja.

“Kami harap Pemkab Cirebon bisa bergerak, jangan berdiam diri melihat fenomena kelaparan kura-kura yang masuk kategori langka ini,” ujar Diah.

Diah mengaku heran dengan sikap Pemkab Cirebon. Padahal, informasi mengenai ketiadaan pakan bagi kura-kura ini sudah menyebar, diantaranya melalui media massa.

Diah pun mengkritisi pemindahan wewenang ini. Menurutnya, sebuah hal yang aneh ketika wewenang untuk mengelola objek wisata kura-kura Belawa dipindahkan ke Pemprov Jabar.

“Berapa jarak yang harus ditempuh pihak provinsi saat akan datang ke objek wisata kura-kura ini? Hanya untuk memberikan makan saja mereka harus menempuh jarak ratusan kilometer hingga sampai ke Desa Belawa,” ungkapnya.

Ia menambahakan, Kura-kura di Desa Belawa ini diketahui hanya tinggal sembilan kura-kura dewasa dengan ratusan anaknya. Belasan tahun yang lalu, kura-kura dewasa masih berjumlah di atas 100 ekor.

“Berbagai badan dunia kerap datang ke Desa Belawa untuk melakukan penelitian, di antaranya dari salah satu badan organisasi PBB,” tukasnya.

Kura-kura di Desa Belawa pun diketahui dulu merupakan karnivora. Namun, karena kondisi dan keadaan membuat kura-kura ini akhirnya menjadi herbivora. Karena kini menjadi herbivora, kura-kura ini akhirnya memakan apa saja yang bisa dimakan, namun jarang memakan daging. Di antara makanan yang sering dimakan oleh kura-kura ini adalah umbi-umbian, ikan asin, dan bahkan krupuk.

BACA JUGA:   RAPBD 2020 Disetujui, Begini Instruksi Walikota Cirebon kepada SKPD

“Ironis kan? Dulunya karnivora, kini jadi herbivora akibat ketiadaan makanan daging,” ucapnya. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed