oleh

Pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon Gandeng YANU Bantu Warga Kurang Mampu

Citrust.id – Ketua Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta, Immylia Limardo Effendy, meninjau pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) dan rumah yang tertimbun tanah longsor di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Sesampainya di Cirebon, Ketua YANU Jakarta, Immylia Limardo Effendy, bersama Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati, langsung meninjau pembangunan rutilahu di RT 03 RW 10, Suket Duwur, Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon.

Rumah yang dihuni anak yatim piatu itu ambruk di bagian atap belakang. Saat hujan turun, air kerap masuk ke dalam rumah.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, mengucapkan rasa terima kasih kepada YANU yang telah membantu memperhatikan kondisi masyarakat Kota Cirebon yang tidak mampu. Bantuan tersebut sangat menolong masyarakat untuk mewujudkan rumah yang layak huni.

“Saya ucapkan terima kasih kepada YANU yang sangat membantu pemerintah Kota Cirebon. Tidak semua rutilahu dapat dikerjakan oleh pemerintah mengingat anggaran yang terbatas,” katanya, Selasa (16/2).

Usai meninjau pembangunan rutilahu di Kota Cirebon, Immylia dan rombongan menuju Desa Greget, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon. Immylia bersama Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, melihat kondisi beberapa rumah warga yang rusak tertimpa longsor akibat hujan deras.

Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, menjelaskan, beberapa rumah mengalami rusak di beberapa bagian akibat tertimbun tanah longsor yang terjadi sekitar tiga hari lalu. Pergeseran tanah tersebut akibat hujan deras yang terjadi di Kabupaten Cirebon.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Cirebon serta YANU Jakarta melihat langsung kondisi di lapangan. Kami juga akan segera memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Kami mengucapkan terima kasih kepada YANU yang sudah turut ambil bagian membantu warga kami,” ujar wanita yang akrab disapa Ayu itu

Pada saat bersamaan, Ketua Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta, Immylia Limardo Effendy, menjelaskan YANU Jakarta melalui perwakilan YANU Cirebon serta pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon, berkomitmen membantu warga yang kurang mampu.

“Kami sudah melihat kondisi rumah rusak yang tertimpa longsor. YANU akan segera memberikan bantuan, berupa bahan bangunan, agar warga bisa memperbaiki rumahnya. Pembanguan rutilahu di Kota Cirebon sedang berjala. Mudah-mudahan segera selesai,” ujar Immylia.

Bantuan yang diberikan YANU tidak hanya pembangunan rutilahu, tetapi juga pendidikan dan kesehatan bagi warga di Kota maupun Kabupaten Cirebon. Bantuan tersebut sudah menjadi program kerja YANU setiap tahunnya.

“YANU sudah mengagendakan mengerjakan 15 rutilahu serta pendidikan dan kesehatan pada tahun 2021. Kesehatan sudah berjalan dengan memberikan bantuan berupa susu selama selama tahun untuk memenuhi kebutuhan balita kurang gizi,” ujarnya.

Immylia menambahkan, kehadiran YANU di Cirebon diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu. YANU bersama Pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon mewujudkan cita-cita warga kurang mampu. (Haris)

Komentar

News Feed