oleh

Pasar Murah di Cirebon Cukup Klik, Tak Perlu Antre

Citrust.id – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon memastikan mengubah konsep pasar murah selama Ramadan sampai menjelang lebaran.

Biasanya pasar murah dilakukan secara langsung bertemu dengan masyarakat menggunakan kupon dan dikumpulkan pada satu titik. Sekarang pasar murah diubah menjadi online melalui aplikasi pasarmu.id yang bisa diunduh dari smartphone.

Kepala KPw Bank Indonesia, Bakti Artanta mengatakan, ada tiga tujuan utama dalam perubahan konsep pasar murah ini, pertama, sinergitas setiap lapisan baik pemerintah, masyarakat, perbankan, marketplace dan lainnya. Kedua, adanya inovasi dan ketiga untuk mewujudkan iklim digital di Kota Cirebon.

“Kalau biasanya pasar murah itu menimbulkan kerumunan, sekarang sudah bisa melalui online. Termasuk pembayaran juga secara online, yakni menggunakan Quick Response Indonesin Standard (QRIS). Semoga pasar murah online ini berjalan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian TPID sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirbon, Drs Agus Mulyadi MSi mengapresiasi, atas apa yang sudah dilakukan oleh anak muda Kota Cirebon yang sudah memanfaatkan peluang dengan pasar yang terbuka lebar.

“Ini adalah satu bukti anak muda yang berpartisipasi dalam kemajuan daerah, melalui aplikasi pasar murah yang digagas untuk memudahkan masyarakat dalam berbelanja secara online. Saya harap aplikasi lokal ini bisa didukung oleh masyarakat luas,” kata dia.

Agus juga berharap, aplikasi lokal ini bisa meningkatkan daya beli yang bisa menumbuhkan ekonomi daerah. Apabila daya beli meningkat seiring ketersediaan barang, maka Kota Cirebon bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi hanya sampai pada angka 1,17 persen. Kondisi ini dinilai masih baik disaat pandemi Covid-19. Karena beberapa daerah bisa lebih kecil,” jelas Agus.

Perlu diketahui, pasar murah yang disediakan aplikasi pasarmu.id ini hanya berlaku selama Ramadan. Sedangkan setelah lebaran, akan berjalan dengan harga normal. Perihal jarak layanan, pasarmu.id bisa melayani pesanan di wilayah kota/Kabupaten Cirebon. (Aming)

Komentar

News Feed