oleh

Pakai Sarung, Acep Purnama Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri di Kuningan

Citrust.id – Pemerintah Kabupaten Kuningan mengadakan upacara Hari Santri Nasional di lapangan Pandapa Paramartha. Bertindak selaku Inpsektur Upacara adalah Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Pada peringatan Hari Santri Nasional itu, para pejabat dan peserta upacara memakai sarung serta berbaju koko ala santri.

Dalam sambutannya, Acep Purnama mengatakan, santri mempunyai peran yang sangat penting dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Meski tidak lagi mengangkat senjata, peran santri tidak bisa dipandang sebelah mata. Santri merupakan mitra pemerintah dalam menjalankan pembangunan.

“Oleh karena itu, melalui momentum Hari Santri ini saya meminta kepada seluruh hadirin, khususnya para pengasuh pondok pesantren, agar menjadikan ponpes sebuah pesantren yang diharapkan berpegang teguh pada ajaran Islam,” katanya.

Acep menambahkan, Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren memastikan, pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan pengabdian masyarakat.

“Dengan undang-undang ini, negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitas kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya,” tandas dia.

BACA JUGA:   Pilkada Kota Cirebon Butuh Rp36 Miliar, Begini Skema Penganggarannya

Komentar

News Feed